Kondisi tumpukan sampah di TPA Sarimukti Kecamatan Cipatat Bandung Barat pasca libur Lebaran.
Sumber :
  • tvOnenews.com - Ilham Ariyansyah

Usai Lebaran 4 Kota Kabupaten di Bandung Raya "Sumbang" 46 Ribu Ton Sampah, Pemprov Jabar Minta Warga Lebih Bijak

Rabu, 17 April 2024 - 12:52 WIB

Bandung Barat, tvOnenews.com - Pasca libur Lebaran 1445 Hijiriah produksi sampah di empat wilayah Bandung Raya menghasilkan puluhan ribu tonase yang dibuang di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB) 

Meskipun tergolong banyak, Pemerintah Jawa Barat (Jabar) melihat produksi sampah yang berasa dari Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Bandung Barat dan Kota Cimahi masih terbilang normal. 


"Hari kedua Lebaran sudah mulai efektif kembali dan sampai hari ini tidak mendapatkan laporan adanya penumpukan sampah di tempat-tempat tertentu. Artinya overall pengelolaan sampah di Bandung Raya relatif aman," Kata Sekretaris Daerah Jabar Herman Suryatman saat meninjau TPA Sarimukti di Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat pada Selasa (16/4/2024).


Herman Menyebut dari empat zona pengelolaan sampah di TPA Sarimukti tersebut, hanya zona 2 dan 3 saja yang saat ini masih beroperasi. 


Zona 1 dan zona 4 kini sedang diperbaiki akibat kebakaran beberapa waktu lalu. Namun demikian masyarakat tidak perlu khawatir sebab Pemda Provinsi Jabar saat ini sedang menyiapkan zona 5 untuk antisipasi penumpukan.

"Jadi ada empat zona, zona 1 dan 4 sedang kita recovery karena ada musibah kebakaran, yang beroperasi sekarang hanya zona 2 dan 3,"kata Herman. 

Meski masalah sampah bisa teratasi. Pemrov Jabar meminta partisipasi masyarakat untuk bijak mengelola limbah tersebut. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral