Bambang Srianto tengah menyiapkan bahan baku cangkang telur untuk lukisannya.
Sumber :
  • timtvOne - Usep Saripudin

Lukisan Unik Terbuat dari Limbah Cangkang Telur

Selasa, 18 Januari 2022 - 17:19 WIB

Bogor, Jawa Barat - Limbah cangkang telur biasanya dibuang begitu saja karena sudah tidak memiliki manfaat lagi. Namun bagi Bambang Srianto (72), warga Kota Bogor, Jawa Barat, cangkang telur justru memiliki nilai seni yang tinggi. Ia mampu mengubah limbah cangkang telur menjadi sebuah lukisan nan indah dan bernilai jual tinggi.

Bambang Srianto memiliki kemampuan unik dalam mengubah cangkang telur menjadi sebuar karya seni. Ditangannya cangkang telur yang biasanya dibuang di tempat sampah, bisa berubah menjadi sebuah lukisan yang indah. 

Kegiatan bernilai jual tinggi ini, sudah dilakukan oleh Bambang sejak memasuki masa pensiun. Sampai saat ini, ia telah menghasilkan 65 buah lukisan. Objek lukisan yang dibuat oleh Bambang mulai dari tokoh nasional sampai tokoh internasional. Ia juga melukis istana presiden di kota Bogor dan  istana presiden yang berlokasi di Jakarta.

Ide melukis dengan menggunakan bahan limbah cangkang telur ini berawal dari tahun 2011 silam. Bambang yang memiliki keahlian melukis sejak duduk dibangku SMA, memiliki ide untuk menyalurkan hobinya dengan cara yang tak biasa.  

"Awalnya ditahun 2011 lalu saat itu bulan ramadhan, saya berjalan kaki pulang dari meajid  sekitar rumah dan melihat kulit telur ayam dan bebek berserakan di tepi jalan, saya pun memungutnya" kenang Bambang di rumahnya yang asri dan rimbunnya pepohonan. 

Bambang biasa melukis pada pagi hari sampai menjelang waktu ibadah zuhur. Untuk melukis, Bambang terlebih dahulu mengumpulkan cangkang dari telur ayam dan bebek. Kemudian cangkang-cangkang tersebut dikeringkan sampai terpisah dengan kulitnya. Setelah kering, kemudian cangkang dipecahkan dan mulailah ia menyusun cangkang tersebut seperti pazel dengan cara ditempel menggunakan lem dengan media triplek atau kayu. 

"Butuh waktu dua bulan untuk menyekesaikan lukisan pertamanya bergambar artis kontroversial Marilyn Monroe saat itu, sampai sekarang lukisan ini masih saya simpan dengan baik" ujar kakek dari 5 cucu ini.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral