Suasana Wisata Tangkuban Perahu.
Sumber :
  • Tim tvOne/Endra Kusumah

Hembusan Gas Gunung Tangkuban Parahu Meningkat, Wisatawan Tetap Berdatangan

Minggu, 13 Februari 2022 - 17:08 WIB

Bandung - Kendati mengalami peningkatan aktivitas berupa hembusan gas dari Kawah Ecoma yang berada di wisata Kawah Ratu, tidak menyurutkan pengunjung wisata dan aktivitas pedagang di lokasi tersebut.

Meningkatnya aktivitas Kawah ratu, petugas PVMBG Pos Pantau Gunung Tangkuban parahu pun merekomendasikan agar masyarakat tidak turun ke dasar kawah ratu dan tidak beraktivitas di kawah kawah lain.

“Saat ini tingkat aktifitas Gunung Tangkuban Parahu, masih kita pantau pada status level 1 normal.dengan rekomendasi agar masyarakat  tidak turun ke dasar Kawah Ratu dan tidak mendekati kawah,”ujar Pengamat  PVMBG Pos Pemantau Gunung Tangkuban Parahu,Hendrik saat ditemui Minggu (13/02/22)`

Hendrik mengatakan, adanya aktifitas yang terjadi sabtu siang kemarin, sebenarnya bukan erupsi. Jadi hembusan gas yang keluar dari kawah ecoma, merupakan aktivitas mencari celah lemah, dan terjadi akibat adanya air bawah permukaan yang terpanaskan oleh batuan panas, sehingga membentuk akumulasi uap air bertekanan tinggi sehingga terjadi over preasure.

“Hembusan asap gar berwarna warna putih hembusan,terus berlangsung hingga saat ini,dan masuk enam kali zona lemah,”paparnya

Kendati masih dalam kondisi normal, Hendrik tetap menghimbau pada pengunjung wisata mauapun pedagang yang berada di sekitar kawah tetap waspada.

“Untuk sekarang potensi erupsi besar belum teramati dan normal dan aman,” katanya  

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
03:57
11:28
10:12
09:50
01:53
Viral