Pengrajin tempe di Bogor mengurangi produksinya menyusul harga kacang kedelai yang terus naik.
Sumber :
  • tim tvOne - Eko Hadi

Harga Kedelai "To The Moon", Pengrajin Tempe Ancam Mogok Produksi

Senin, 14 Februari 2022 - 14:00 WIB

Bogor, Jawa Barat - Pengrajin tempe di Kampung Lebak Wangi, Desa Parung, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, mengeluhkan harga kacang kedelai yang terus meroket. Akibat harga yang tinggi membuat para pengrajin mengurangi produksinya, bahkan mereka mengancam akan mogok produksi jika harga kedelai tidak kunjung turun.

Sudah 3 bulan harga kacang kedelai terus merangkak naik. Kondisi tersebut membuat pengrajin tempe di Kampung Lebak Wangi harus memutar otak. Harga kacang kedelai yang tinggi membuat produksi tempe terpaksa harus dikurangi. Biasanya produksi menghabiskan empat kwintal kacang kedelai per hari, namun sejak harga kacang kedelai naik, pengrajin hanya menghabiskan tiga kwintal saja. Mereka terpaksa mengurangi ukuran tempenya meskipun keuntungan sangat tipis.

“Bahkan untuk ukuran tempe saya kurangi juga habisnya kalau gak gitu gak dapat untung, itu juga ukuran diperkecil untuk sangat tipis,” kata Ambar salah seorang pengrajin tempe, Senin (14/02/2022).

Lanjut Ambar, untuk harga kacang kedelai sebagai bahan pokok pembuatan tempe sudah mencapai Rp1,1 juta per kwintal, padahal sebelum naik harganya Rp800 ribu.

“Tentu dengan harganya yang tiap hari naik ini membuat perajin tempe keberatan, sedangkan harga tempe yang kita jual ke pedagang itu harganya tetap sama Rp 6000 dan Rp 5000 tidak dinaikkan,” katanya.

Sementara menurut pengrajin tempe lain, Aprilia, tingginya harga kacang kedelai tentu sangat membebani perajin tempe yang masih pemula. Menurutnya, banyak pengrajin tempe yang baru memulai usahanya sudah tidak lagi memproduksi tempe seiring terus melambungnya harga tempe.

“Ya kalau bisa harganya normal lagi, kasihan yang baru mencoba usaha produksi tempe kaya kawan saya udah dua hari ini berhenti jualan karena memang modalnya gak ada harga tinggi,” terang Aprilia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:04
01:52
00:44
03:48
01:02
01:32
Viral