Seorang pedagang tahu sumedang tengah menjajakan jualannya.
Sumber :
  • Luthfi Rafsanjani

Pedagang Tahu Sumedang Terjepit Diantara Kenaikan Harga Kedelai dan Langkanya Minyak Goreng

Sabtu, 19 Februari 2022 - 16:05 WIB

Kabupaten Sumedang, Jawa Barat - Harga kacang kedelai, dalam kurun satu pekan terakhir melonjak nyaris dua kali lipat. Bahan baku makanan khas asal Sumedang yaitu tahu itu naik dari Rp.6.500 menjadi Rp.12.000 per kilogram.

Kenaikan harga kedelai impor itu tentu saja berimbas langsung pada kenaikan harga tahu Sumedang. Selain dipicu kenaikan harga kedelai, harga minyak goreng yang sempat naik dua kali lipat dan kini menjadi langka, membuat pedagang tahu Sumedang menjerit.

Pantauan Tvonenews.com, sabtu (19/02/22) di pusat penjualan Tahu Sumedang di Lingkungan Keboncau, Desa Cipameungpeuk, Kecamatan Sumedang, harga tahu naik menjadi Rp.2000 per 3 biji. Sebelumnya dengan harga segitu dapat empat potong tahu.

"Kondisi harga segini sudah mulai sejak harga kedelai kembali naik, ditambah minyak goreng yang juga mahal dan langka," Ujar Dimar, pengelola Pusat Tahu Sumedang Haji Ateng.

Dimar menambahkan, kenaikan harga tersebut terpaksa dilakukan untuk menyesuaikan situasi harga kedelai di pasaran.
 
"Dari abah kami (pemilik usaha), kenaikan harga itu agar kita tidak usah mengurangi ukuran tahu, jadi harganya dinaikan," Tambahnya.
Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:51
01:11
08:31
01:02
01:08
00:53
Viral