Warga yang resah memprotes pencemaran minyak di Pantai Balongan Indah, Indramayu.
Sumber :
  • Opih Riharjo

Ceceran Minyak Berbau Menyengat Kembali Cemari Pantai Balongan, Indramayu

Kamis, 17 Maret 2022 - 15:29 WIB

Indramayu, Jawa Barat - Warga di Desa Balongan, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat resah dengan bau minyak yang menyengat.di Pantai Balongan Indah. Selain berbau menyengat, ceceran minyak membentuk buih dan runai tersebut berserakan di air dan di bibir pantai. Melihat kondisi itu, sebagian warga berinisiatif membersihkan pantai dari ceceran minyak.

"Bau minyak sudah empat hari ini, sejak hari senin kemarin. Cuman hari ini sangat terasa sekali baunya. Sayakan nelayan kecil yang menggunakan perahu karet (ban dalem mobil) mencari ikan di tepian pantai tidak enak baunya. Ikan juga enggak ada, karena bau minyak yang mirip bau solar" keluh cabik, salah satu nelayan.

Warga mengatakan ceceran minyak itu berasal dari laut lepas. Mereka menduga terjadi kebocoran pipa milik PT Pertamina yang menjadi penyebab pencemaran laut.

"Dilepas pantai sana juga sangat terasa baunya, cari ikan juga susah, apa lagi kalau angin bertiup kencang makin terasa baunya." tambahnya.

Ketua asosiasi pelaku pariwisata Indramayu (APPI), Akso Surya Darmawangsa, mengatakan minyak tersebut selain mencemari pantai juga baunya sangat mengganggu. Para pengelola tempat wisata yang terganggu berupaya melakukan pembersihan secara swadaya.

" Tidak hanya bau minyak yang sangat menyengat, minyak juga terlihat di bibir bantai indah balongan. Kami merasa terganggu dengan situasi seperti ini," kata Akso kepada tvOneNews.com Kamis (17/3/2022).

Pencemaran minyak di pantai di Kabupaten Indramayu ini merupakan yang ketiga kalinya. Pencemaran minyak sebelumnya terjadi pada 2018 dan oktober 2020 lalu.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
04:41
02:33
02:15
05:26
01:05
Viral