Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Puluhan Rumah di Ciamis Rusak.
Sumber :
  • tvone

Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Puluhan Rumah di Ciamis Rusak

Selasa, 22 Maret 2022 - 18:55 WIB

Ciamis, Jawa Barat - Hujan deras disertai angin kencang melanda dua kecamatan di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa petang (22/3/2022). Akibatnya puluhan rumah warga di dua kecamatan yakni Kecamatan Banjaranyar dan Kecamatan Pamarican, dilaporkan rusak akibat angin kencang dan tertimpa pohon besar yang tumbang. 

Data dari pemerintahan desa setempat mencatat, di Desa Sukajadi, Kecamatan Pamarican terdapat 14 rumah dan di Desa Sindangsari, Kecamatan Banjaranyar terdapat 7 rumah warga yang rusak.

Kerusakan parah terjadi di Dusun Pulo, Desa Sindangsari, Kecamatan Banjaranyar. Rumah milik Mardio (68) atap dan dinding bagian depan serta belakang rumahnya rusak parah, akibat tertimpa pohon Albasiah berukuran besar yang tumbang. Beruntung saat peristiwa itu terjadi, Marido tengah berada di luar rumah. Melihat Hujan deras disertai angin kencang, Mardio bergegas pulang dan melihat kondisi rumahnya sudah rusak.

"Saya sedang dijalan pulang tapi sempat berteduh karena hujan deras dan angin kencang, tapi saya teringat istri dan anak di rumah sehingga saya memberanikan diri untuk pulang ke rumah dan melihat kondisi  atap rumah sudah rusak parah tertimpa pohon," ujar Mardio kepada tvonenews.com.

Pohon Albasiah berukuran besar yang tumbang menimpa plafon atap bagian depan rumah hingga ambruk dan bagian belakang juga rusak parah. Petugas gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) setempat, dibantu pemerintah Desa Sindangsari dan Kecamatan Banjaranyar, kini tengah berupaya mengevakuasi batang pohon yang tumbang.

Sementara itu di Kecamatan Pamarican kerusakan terparah terjadi di Desa Sukajadi, yakni sebanyak 14 rumah warga rusak tertimpa pohon dan disapu angin kencang. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa tersebut, namun pemilik rumah mengalami kerugian hingga belasan juta rupiah. Pohon yang tumbang akibat angin kencang selain menimpa rumah, juga menutup akses jalan penghubung dusun di beberapa lokasi.
(Aditya Tri Wahyudi/chm)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral