Tanah di Rancakalong, Sumedang, longsor karena tebing penahannya ambrol.
Sumber :
  • Lutfi Setia Rafsanjani

Tembok Penahan Tebing Setinggi 10 Meter di Rancakalong Sumedang Longsor Menimpa Rumah Warga Hingga Jebol

Rabu, 20 April 2022 - 17:05 WIB

Kabupaten Sumedang, Jawa Barat - Akibat tidak mampu menahan debit air hujan yang deras, Tembok Penahan Tebing (TPT) setinggi 10 meter dengan lebar 20 meter longsor, dan menimpa dua rumah warga di Dusun Selaawi RT 01 RW 07, Desa Sukahayu, Kecamatan Rancakalong, Kabupaten Sumedang Jawa Barat, Selasa (19/4/22) petang.

Rabu (20/4/22) siang, pantauan tvonenews.com di lokasi, sejumlah warga tampak bergotong royong membersihkan material longsor yang menimpa rumah Abdul Holik dengan peralatan seadanya.

Keluarga pemilik rumah, Dodo mengatakan, peristiwa terjadi pada Selasa petang saat cuaca di wilayah tersebut diguyur hujan deras, membuat TPT di belakang rumah ambruk dan menjebol dinding ruang tengah dan dapur.

"Awal kejadiannya pas hujan gede dan tidak berhenti-berhenti dari sore. Tiba-tiba TPT yang ada di belakang longsor, pas dilihat sudah pada jebol tembok ruang tengah dan dapur kena hantaman material longsor," kata Dodo.

Saat kejadian, kata Dodo, pemilik rumah dan anaknya beruntung tidak berada di rumah. Saat itu, anaknya tengah bersama kakeknya hingga tidak mengakibatkan korban jiwa dan semuanya selamat.

"Harapannya mudah-mudahan pihak terkait bisa menolong untuk memperbaiki rumah, agar bisa di tempati kembali," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dusun Selaawi 2, Nurohim Faturohman mengatakan, kejadian longsor di Dusun Selaawi terdapat 4 titik longsoran. Namun, yang cukup parah menimpa rumah milik abdul holik.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral