Antrean kendaraan di Jalur Lingkar Gentong, Tasikmalaya.
Sumber :
  • Denden Ahdani

Jalur Lingkar Gentong Tasikmalaya Padat Akibat Penyempitan Jalur, Pemudik Terjebak Macet

Minggu, 1 Mei 2022 - 09:44 WIB

Tasikmalaya, Jawa Barat - Gelombang pemudik dari arah Bandung, terus memadati Jalur Selatan tepatnya di Jalur Lingkar Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (1/5/2022) pagi. Kendaraan pemudik yang didominasi oleh kendaraan pribadi, baik roda 2 maupun roda 4 terus bergerombol melintas ke jalur Gentong tersebut.

Pantauan tvOnNews.com di lokasi, meningkatnya volume kendaraan yang melintas ke Jalur Gentong, membuat laju kendaraan tersendat. Bahkan, sesekali kendaraan tak bergerak akibat adanya penyempitan jalur. Penyempitan jalur sendiri terjadi ketika pemudik masuk ke wilayah lingkar Gentong atas berada di satu lajur, kemudian keluar lingkar Gentong masuk ke wilayah Gentong bawah menjadi dua lajur, menjadikan kendaraan antre untuk masuk ke jalur tersebut.

Salah seorang pemudik asal Tangerang dengan tujuan Magelang Jawa Tengah, Agus (47) mengatakan, meski ketika masuk ke wilayah perbatasan Tasikmalaya-Garut arus lalu lintas terbilang lancar, tetapi saat masuk ke Jalur Lingkar Gentong sedikit tersedat. Dirinya pun tertahan selama setengah jam, untuk antre ketika melintasi jalur gentong tersebut.

"Saya dari Tangerang mau ke Magelang, awalnya sih lancar-lancar saja. Ketika masuk ke perbatasan Tasik pun lancar, cuma di sini, di jalur Gentong tersendat sudah setengah jam karena harus antre," kata Agus, saat diwawancarai di Jalur Gentong, Minggu pagi.

Meski demikian, Agus harus sabar mengantre untuk bisa keluar dari Jalur Gentong dan samapai ke kampung halaman. Pasalnya, kata dia, kemacetan dalam arus mudik sudah menjadi hal lumrah karena semua orang pulang kampung.

"Ya wajar lah kalau macet sedikit-sedikit, namanya juga Lebaran, banyak orang yang pulanh kampung," ucapnya.

Hingga saat ini, gelombang pemudik dari arah Bandung menuju Jawa Tengah via Tasikmalaya terus berdatangan memadati jalur lingkar gentong. Diprediksi, kepadatan arus mudik ini akan terjadi hingga malam hari nanti. (dai/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:17
02:29
01:25
02:52
06:56
11:04
Viral