Pemudik evakuasi pohon tumbang di Jalur Selatan Garut.
Sumber :
  • Taufiq Hidayah

Aksi Heroik 4 Pemotor Evakuasi Pohon Tumbang di Jalur Selatan Garut dengan Tangan Kosong

Senin, 9 Mei 2022 - 18:36 WIB

Garut, Jawa Barat - Pohon berukuran sedang tumbang di jalur selatan Garut. Proses evakuasi pohon tumbang yang menutup badan jalan itu dilakukan 4 pemotor tanpa peralatan apapun alias menggunakan tangan kosong. Aksi heroik ini mendapat apresiasi para pemudik yang terjebak kemacetan. 

Pohon yang tumbang itu terletak di Jalan Provinsi Kadungora Garut menuju Bandung. Pohon tersebut menutup sebagian banyak badan jalan yang dilalui kendaraan arus balik, Senin (9/5/2022). Kendaraan yang melintas pun terpaksa terhenti karena badan jalan terhalang reruntuhan ranting dan batang pohon. Beruntung ada 4 pemotor yang rela mengevakuasi menggunakan tangan kosong. 

Proses evakuasi pun berjalan alot, pasalnya mereka para pemudik motor yang mengevakuasi tak menggunakan alat apapun. Sambil diguyur hujan deras, 4 pemotor itu rela basah kuyup meski pengendara lain hanya menonton.

"Saya kurang tahu kejadian seperti apa, yang pasti hujan deras beserta angin, rekan-rekan pengendara motor berinisiatif supaya tidak terjadi hambatan begitu panjang," kata Asep Danan, pemotor evakuasi pohon tumbang, Senin (9/5/2022) petang.

Selain mengevakuasi pohon yang menutup jalan, mereka juga rela mengatur lalu lintas yang padat pasca insiden pohon tumbang.

"Dari belakang udah panjang banget, selama kita bisa ya sama kita juga atur lalu lintas, masalahnya kalo ga dibantu gimana juga, sambil tunggu petugas," tutup Asep. 

Aksi heroik pemotor ini patut diacungi jempol, mereka bukan siapa-siapa dan hanya pemudik yang hendak balik ke Purwakarta. Warna-warni arus mudik lebaran 2022 ini memang dinamis. Warga yang rindu mudik setelah 2 tahun tak bisa mudik karena larangan PPKM berlevel, membuat masyarakat tanah air tumpah ruah pulang kampung. (thh/act) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:35
03:32
02:20
01:02
12:54
01:37
Viral