Petugas obati ternak yang sakit akibat terjangkit PMK di Banjar.
Sumber :
  • Aditya Tri Wahyudi

10 Ekor Sapi di Banjar Mati Terjangkit PMK, 30 Ekor lainnya Sakit

Sabtu, 21 Mei 2022 - 11:38 WIB

Banjar, Jawa Barat - Sebanyak 10 ekor sapi di salah satu peternakan di Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat, diketahui mati akibat terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). 

Selain 10 sapi yang mati akibat PMK, 30 ekor lainnya juga sakit dan kini dalam pengawasan serta perawatan intensif petugas dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan setempat.

"Hampir semua sapi saat ini sakit kena PMK pak dan sepuluh sapi sudah mati," ucap pengelola kandang sapi, Abah Aa kepada tvonenews.com, Sabtu (21/5/2022).

Abah Aa mengaku, sebelum puluhan sapi mati dan terjangkit PMK, pemilik kandang membeli sapi dari wilayah Manonjaya, Tasikmalaya.

Diketahui empat sapi yang dibeli tersebut dalam kondisi sakit. Beberapa waktu kemudian puluhan ekor sapi lainnya juga diketahui sakit. Kini kondisi puluhan sapi yang terjangkit PMK di kandang tersebut, berangsur membaik. 

"Empat sapi yang dibeli dari Manonjaya sudah sakti dan beberapa hari kemudian sapi yang sudah ada di kandang juga ikut sakit, tapi sekarang sebagian besar sapi sudah mulai membaik meski belum bisa berdiri sendiri," tambah Abah AA.

Sementara itu, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Banjar mengaku sudah melakukan penanganan secara ketat terhadap sapi yang terjangkit PMK. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral