Bayi kembar siam Queenetha Zaina dan Queenesha Zahira menjalani operasi pemisahan di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, Rabu (25/5/2022)..
Sumber :
  • tim tvOne - Jhon Hendra

Masih Ingat Bayi Kembar Siam Asal Sukabumi? Hari Ini Menjalani Operasi Pemisahan

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:22 WIB

Bandung, Jawa Barat - Bayi kembar siam Queenetha Zaina dan Queenesha Zahira menjalani operasi pemisahan di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, Rabu (25/5/2022). Bayi kembar siam asal Sukabumi mengalami troracopagus atau xiphopagus atau kondisi dan dan perut bayi menyatu.

Bayi kembar siam ini lahir 28 juni 2021 lalu. 

Ketua Tim Kembar Siam RSHS, dr Dikki Drajat Kusmayadi mengatakan operasi pemisahan bayi kembar siam ini membutuhkan waktu sekitar 8 hingga 9 jam. Dari hasil pemeriksaan selama ini, ditemukan fusi atau dempet toraks, dan, dan perut.

"Dari hasil pemeriksaan, ditemukan adanya beberapa organ tubuh yang menyatu, ada liver yang menyatu dan pembuluh darah yang saling bersambungan di dalam tubuh hingga pemisahan harus secara hati-hati," kata Dikki.

Menurutnya, persatuan organ yang cukup sulit adalah liver karena posisinya menyatu di tengah-tengah. 

Untuk pemisahan bayi kembar siam ini, pihaknya melibatkan tim dokter dari multidisplin seperti tim dokter bedah, anestesi, dokter bedah anak, bedah toraks, dan bedah plastik. Selain itu, ada tim radiologi, dokter fisioterapi, patologi klinik,dan dukungan laboratorium. 

Diketahui, Zahira dan Zahina merupakan bayi kembar siam asal Kabupaten Sukabumi yang lahir dengan kondisi conjoin twins thoracomphalophagus yaitu dempet pada bagian perut dan dada. Kelainan organ dalam yang lain adalah livernya menyatu di bagian tengahnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral