Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) menemukan sapi di Kota Sukabumi bergejala PMK.
Sumber :
  • Rizki Gustana

2 Ekor Sapi di Sukabumi Terpapar PMK

Kamis, 26 Mei 2022 - 17:57 WIB

Sukabumi, Jawa Barat - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) menemukan 2 ekor sapi di Kota Sukabumi bergejala Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Sapi yang terpapar saat ini langsung diisolasi. 

“Sementara masih bertahan (gejalanya dan tidak ada penambahan) karena langsung diisolasi,” kata Kepala DKP3 Andri Setiawan Kamis (26/5/2022). 

Dia mengatakan, penemuan virus PMK pada sapi tersebut ditemukan dari salah satu peternakan di daerah Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. Andri menyebut, sapi itu berasal dari luar kota. 

“Setelah kita datangi ke kandangnya itu ada 20 ekor sapi yang berasal dari Salatiga, Jawa Tengah, 2 minggu yang lalu,” ujarnya. 

Lebih lanjut, setelah melakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh kepada 20 ekos sapi tersebut ditemukan dua ekor yang bergejala PMK. 

“Setelah kita lakukan pemeriksaan ditemukan ada 2 ekor yang diindikasikan penyakit PMK, dengan ciri-ciri mulut berbusa, lidah melepuh sariawan, dan kuku borok,” tuturnya.

Tindakan selanjutnya, DKP3 langsung melakukan isolasi terhadap sapi yang bergejala selama 14 hari dan diberikan pengobatan yang sesuai. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral