Polres Sukabumi sedang memeriksa Kelayakan Angkutan Umum.
Sumber :
  • Antara

Polres Sukabumi Lakukan Pemeriksaan Kelayakan Operasional Angkutan Umum

Jumat, 27 Mei 2022 - 23:44 WIB

Sukabumi - Satuan Lalu Lintas Polres Sukabumi Kota memeriksa kelayakan operasional sejumlah angkutan umum, mulai dari bus hingga angkutan kota, yang beroperasi di wilayah ini.

"Pemeriksaan kelayakan angkutan umum atau rampcheck untuk mencegah kecelakaan lalu lintas akibat kendaraan tidak laik dioperasikan," kata Kasat Lantas Polres Sukabumi Kota AKP Tejo Reno Indratno, Jumat, (27/5).

Menurutnya, pemeriksaan yang dilakukan meliputi kondisi mesin, rem, ban, emisi gas buang, dan alat pendukung keselamatan lain. Selain itu, petugas memeriksa kelengkapan surat-surat izin operasional kendaraan.

Jika ditemukan yang tidak layak maka kendaraan tersebut dilarang untuk beroperasi sementara hingga kembali layak jalan, katanya.

Kegiatan ini bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kota Sukabumi tersebut merupakan upaya Polres Sukabumi Kota untuk mencegah kecelakaan pada angkutan umum.

Selain pemeriksaan rutin, Tejo mengimbau para sopir dan awak angkutan umum mengemudikan kendaraan sesuai Undang-Undang No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Tejo minta sopir saat mengemudikan kendaraan, apalagi perjalanan jarak jauh, agar benar-benar dalam kondisi bugar, sehat, serta tidak memaksakan berkendara saat mengantuk dan lelah, apalagi bila usai mengonsumsi obat-obatan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:18
01:54
01:26
01:52
03:14
02:13
Viral