Peternak Domba Garut.
Sumber :
  • Antara

Diskanak Garut Usulkan Penyediaan 5.000 Dosis Vaksin PMK ke Pemprov Jabar

Sabtu, 30 Juli 2022 - 05:53 WIB

Jakarta, tvOne

Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Garut mengusulkan penyediaan 5.000 dosis vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk sasaran vaksin khusus domba agar terhindar dari wabah PMK.

"Kami mengeluarkan vaksin khusus domba, kami sudah mengusulkan ke provinsi sebanyak 5.000 dosis untuk sekarang tahap pertama," kata Kepala Diskanak Kabupaten Garut Sofyan Yani di Garut, Jumat.

Ia menuturkan pemerintah daerah terus mewaspadai penyebaran PMK dengan melakukan berbagai upaya mulai dari pencegahan sampai pengobatan untuk hewan ternak yang terjangkit PMK.

Wabah PMK, kata dia, selama ini lebih banyak menyerang ternak sapi, dan sudah dilakukan penanganan seperti pengobatan dan vaksinasi PMK dengan sasaran sapi perah sehat.

Setelah sapi, kata dia, saat ini pemerintah daerah fokus melakukan vaksinasi PMK pada ternak domba, karena di Garut cukup banyak ternak tersebut yang sama harus dijaga agar tidak terjangkit PMK.

"Selama ini hanya diberikan pada sapi dan kerbau, tapi khusus Jabar karena populasi domba cukup tinggi, berdasarkan 'zoom meeting' yang dipimpin langsung Kepala BNPB oleh Letjen Suhariyanto dimungkinkan dan direkomendasi untuk vaksin domba di Jabar," katanya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral