Kebakaran hebat melanda pabrik kimia di Kawasan Jababeka, Cikarang, Bekasi.
Sumber :
  • tim tvOne - Suryo Daryono

Kebakaran Hebat Melanda Pabrik Kimia di Kawasan Industri Jababeka Bekasi

Jumat, 2 September 2022 - 13:51 WIB

Bekasi, Jawa Barat - Tiga buah bangunan pabrik dan gudang yang berada di Jalan Tekno Raya dan Tekno Raya 3 ludes dilalap si jago merah. Api diduga berasal dari gedung PT EON Chemicals Putra yang merupakan gudang penyimpanan bahan kimia, dan menyambar Jumat (02/09/2022) dini hari.

Kebakaran diduga berawal dari hubungan arus pendek dari salah satu gudang penyimpanan bahan kimia. Api yang membakar dengan mudahnya merambat ke bangunan yang lain, karena berisikan bahan yang mudah terbakar.

Menurut saksi mata, Iman (25) sebelum api membesar ia sempat mendengar adanya ledakan besar dari gudang penyimpanan bahan kimia milik PT EON Chemicals Putra. Tak lama setelah terdengar ledakan, api terlihat lansgung membesar. Bahkan menurutnya, api terlempar dan tercecer hingga ke luar area bangunan pabrik tepatnya di sepanjang Jalan Tekno Raya 3.

"Awalnya ada suara ledakan kaya ban mobil pecah, terus gak lama ada api sama asap hitam," ujar Iman, Jumat (02/09/2022).

Petugas pemadam kebakaran yang diterjunkan untuk membantu proses pemadaman  kesulitan mendapatkan sumber air. Kepala Posko Damkar Jababeka, Darma Wijaya mengatakan, banyaknya bahan kimia juga membuat petugas kesulitan memadamkan api.

"Yang terbakar ini bahan kimia ya, bisa kita lihat api sampai sini ya, jadi ini bisa kita lihat banyak bahan kimia yang mudah terbakar, jadi pemadamannya ini lebih lama proses penyebaran apinya lebih cepat." ungkap Darma saat ditemui dilokasi pemadaman.

Lebih lanjut, Darma juga menuturkan proses pemadaman yang dilakukan sejak pukul 01:30 Wib, terhambat akibat banyaknya terjadi ledakan membuat petugas harus ekstra hati-hati, dan petugas juga harus menggunakan forming foam agar mampu memadamkan api yang berkobar akibat bahan kimia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:28
09:01
01:23
02:09
01:25
01:48
Viral