Bunga Rafflesia arnoldii yang sedang mekar di Kebun Raya Bogor.
Sumber :
  • Eko Hadi

Akhirnya, Setelah Menunggu 16 Tahun Rafflesia Arnoldii di Kebun Raya Bogor Mekar, Petugas Langsung Pasang Pagar Batasi Pengunjung

Rabu, 14 September 2022 - 13:02 WIB

Bogor, Jawa Barat - Bunga Rafflesia arnoldii akhirnya mekar di Kebun Raya Bogor (KRB). Momen  ini menjadi penantian setelah 16 tahun lamanya. 

Rafflesia Arnoldi atau yang lebih dikenal dengan sebutan padma raksasa merupakan Puspa Langka Nasional. Rafflesia arnoldii mekar di koleksi tanaman Climber Kebun Raya Bogor wilayah Jalan Kenari Dua. 

GM Corporate Communication Kebun Raya, Zaenal Arifin, Rabu (14/9/2022) menjelaskan, KRB berupaya menjaga proses pemekaran bunga. Proteksi dilakukan mulai dari kuncup kepada bunga terbuka sempurna.

"Kita melakukan proteksi konservasi Bunga Rafflesia arnoldii dengan melakukan perlindungan berlapis agar pengunjung tidak langsung masuk ke lokasi tetap pengunjung masih bisa melihat langsung di lokasi dari jarak beberapa meter dari lokasi bunga," ujar Zaenal.

Selain peneliti yang terus mengawasi selama 1x24 jam, sambung Zaenal, KRB juga menempatkan pemandu untuk membantu pengunjung dan mengawasi agar proses konservasi berkembangnya bunga Rafflesia secara sempurna.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral