tembok penahan longsor.
Sumber :
  • Istimewa

Tembok Penahan Tebing Longsor, Kawasan Lingkungan Perumahan di Sumedang Terancam Akibatkan 11 Rumah Rawan Amblas

Selasa, 25 Oktober 2022 - 04:48 WIB

Kabupaten Sumedang, Jawa Barat - Akibat tidak kuat menahan debit air sungai yang deras, Tembok Penahan Tebing (TPT) sepanjang 25 meter longsor di kawasan Lingkungan Perumahan Grand Padasuka Blok D RT 03 RW 06, Desa Padasuka, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Senin (24/10/2022) malam.

Selain memutus akses jalan kendaraan roda empat, ambrolnya TPT tersebut mengancam 11 rumah warga yang berdekatan dengan aliran sungai. Petugas dari BPBD Sumedang yang datang ke lokasi langsung memasang garis polisi untuk membatasi aktivitas warga agar tidak mendekati area longsor.

Menurut Ketua RT 03 Perumahan Grand Padasuka, Mamay Sukmayati, longsor terjadi pasca hujan lebat yang mengguyur wilayah Sumedang membuat aliran Sungai Cisugan yang bermuara ke Cipeles mengalir deras, hingga mengakibatkan Tembok Penahan Tebing longsor.

"Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 16.30 WIB, akibat tergerus aliran Sungai Cisugan yang meluap saat terjadi hujan deras. Kan ini juga sudah lama retak-retak ibu berfikir ini pasti longsor, pas tadi setengah lima kejadiannya," kata Mamay.

Mamay menuturkan, ada sekitar 11 rumah warga yang terancam akibat peristiwa ini. Mengingat masih derasnya arus sungai, untuk mengantisipasi meluasnya longsoran, penanganan sementara di area bawah longsor akan di pasang karung berisi pasir.

"Kita juga sudah laporan dan kalau bisa secepatnya ditangani, kan takut merambat ke rumah-rumah yang lain," tuturnya.

Sementara itu Anggota Pusdalops BPBD Kabupaten Sumedang, Yuyu Rahayu mengatakan, pihaknya yang mendapatkan informasi langsung mendatangi lokasi kejadian dan melakukan assesment serta memastikan lokasi steril untuk mencegah adanya korban.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:01
01:35
03:35
03:51
02:43
03:42
Viral