Lokasi pergerakan tanah dan rumah roboh akibat terkena longsor di Parungponteng, Tasikmalaya..
Sumber :
  • tim tvOne - Denden Ahdani

2 Rumah dan Warung Hancur Akibat Longsor di Parungponteng Tasikmalaya, Bangunan SD Terancam Terbawa Longsor

Rabu, 26 Oktober 2022 - 16:05 WIB

Tasikmalaya, Jawa Barat - Jalan penghubung tiga kecamatan di Kampung Sukajaya, Desa Girikencana, Kecamatan Parungponteng, Kabupaten Tasikmalaya mengalami pergerakan tanah hingga longsor, Rabu (26/10/2022) pagi. Longsoran jalan menimpa rua rumah dan bangunan warung sehingga mengalami kerusakan yang cukup parah. Selain merusak rumah, longsor jiga mengancam satu bangunan rumah dan bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Parungponteng

Kepala Desa Girikencana, Roba'i mengatakan, longsor itu terjadi akibat wilayah Kecamatan Parungponteng dilanda hujan deras sejak, Selasa (25/10/2022) siang hingga malam kemarin. Selain longsor, di lokasi yang sama juga terjadi pergerakan tanah sepanjang 150 meter. Badan jalan mengalami retakan yang sangat besar, sehingga tidak bisa dilalui oleh kendaraan.

"Ini awalnya hujan deras dari siang sampai malem khususnya di Kecamatan Parungponteng. Akibatnya, terjadi bencana tanah longsor yang terjadi tadi pagi. Ada warung yang terbawa longsor dan dua bangunan rumah," kata Kepala Desa Girikencana, Roba'i, saat ditemui di lokasi kejadian, Rabu (26/10/2022) siang.

Tak hanya mengakibatkan dua rumah dan warung rusak, kata Roba'i, bencana tanah longsor ini juga mengancam satu rumah warga dan bangunan SDN 2 Parungponteng. Jalan di sekitar lokasi kejadian sudah terlihat retak-retak. Retakan terus membesar, karena pergerakan tanah terus terjadi dengan intensitas kecil.

"Selain ada bangunan rusak, ini juga ada dua bangunan yang terancam. Pertama rumah warga sekarang sudah dikosongkan, ke dua sekolah ini SDN Dua Parungponteng, sudah kelihatan retak - retak jalan di depan bangunan sekolah itu," ucap Roba'i.

Dalam kejadian ini, tak sempat memakan korban jiwa maupun luka, karena sesaat sebelum kejadian, para penghuni rumah dievakuasi terlebih dahulu setelah melihat retakan tanah. Benar saja, tak selang lama longsor dengan kedalaman kurang lebih 50 meter itu terjadi dan membuat rumah hancur.

"Pas kejadian memang belum terjadi longsor, tapi retakan sudah mulai terlihat. Maka dari itu, mengantisipasi longsor, para penghuni rumah langsung dievakuasi ke tempat yang aman. Ternyata benar, tak lama kemudian longsor terjadi," ujar Roba'i

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral