Suasana Pengunsian Gempa Cianjur.
Sumber :
  • Tim tvOnenews/Langgeng Puji

Jaringan Seluler Down Karena Gempa Cianjur, Kominfo Gerak Cepat

Selasa, 22 November 2022 - 09:23 WIB

Jakarta - Jaringan seluler down lantaran gempa Cianjur Jawa Barat pada Senin (21/11/2022), Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) langsung gerak cepat lakukan penanganan.

Gempa yang terjadi di Cianjur Jawa Barat dengan kekuatan 5,6 magnitudo di kedalaman 10 kilometer berdampak pula pada infrastruktur telekomunikasi.

Gerak cepat, Kominfo langsung melakukan mitigasi pemulihan layanan bagi masyarakat yang terdampak.

Plt. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kementerian Kominfo, Ismail mengatakan gangguan terjadi akibat pasokan listri ke site Base Transceiver Station (BTS) yang putus.

"Kominfo sudah memonitor kondisi layanan seluler dan meminta operator seluler untuk menyiapkan supply power cadangan dengan mobile backup power (MBP) dan genset portable," ujar Ismail dalam keterangannya.

Ismail menyebut bahwa pada pukul 18.30 WIB, Telkomsel telah melakukan pemulihan untuk 118 site BTS. Indosat Ooredoo Hutchison juga sedang melakukan pemulihan 10 site BTS yang terdampak di Sukabumi dan 81 site BTS di Cianjur. XL Axiata juga melakukan pemulihan 63 site BTS dan Smartfren juga tengah melakukan pemulihan di 12 site BTS.

"Secara umum layanan jaringan telekomunikasi seluler masih cukup aman dengan pasokan listrik genset. Kami dan operator seluler berupaya untuk menjaga kapasitas dan kualitas layanan telekomunikasi terbaik kepada masyarakat," lanjutnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:41
20:11
09:55
13:31
06:01
02:57
Viral