Korban gempa Cianjur.
Sumber :
  • Tim tvOnenews/Muhammad Bagas

BMKG Imbau Masyarakat Cianjur Waspadai Bencana Susulan Longsor Hingga Banjir Bandang

Selasa, 22 November 2022 - 10:35 WIB

Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) perintahkan masyarakat yang ada di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat untuk waspada bencana susulan yang berupa tanah longsor dan banjir bandang.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati tegaskan bahwa imbauan ini diperuntukkan bagi warga yang tinggal di kawasan dekat dengan daerah lereng-lereng perbukitan dan di lembah atau bantaran sungai.

“Lereng-lereng yang rapuh ini ditambah hujan deras dapat memicu terjadinya longsor dan banjir bandang dengan membawa material runtuhan lereng. Jadi masyarakat dan pemerintah setempat juga perlu mewaspadai adanya kolateral hazard atau bahaya ikutan usai gempa kemarin,” katanya, melansir dari keterangan resmi, Selasa (22/11/2022).

Dwikorita berpendapat kemungkinan lereng-lereng di perbukitan Cianjur rapuh dampak dari terjadinya gempa berkekuatan magnitudo 5,6. Terlebih intesitas hujan yang diprediksi akan kembali mengguyur Cianjur.

Lebih lanjut, dia menambahkan bahwa korban jiwa dalam peristiwa gempa Cianjur karena tertimpa bangunan yang tidak dapat menahan guncangan gempa. Bukan bencana yang melukai, tetapi bangunan lah yang membunuh.

“Sebenarnya gempa tidak membunuh dan melukai. Justru, bangunanlah yang membunuh dan melukai manusia,” tuturnya.

Untuk itu, mewakili pihaknya, Dwikorita meminta segenap masyarakat yang terdampak maupun siaga bantuan untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa bumi. Diketahui per pagi ini, telah terjadi gempa susulan sebanyak 117 gempa.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:57
01:51
06:48
09:30
03:52
01:15
Viral