Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat kegiatan pengentasan stunting di Semarang. (Dok. Pemprov)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Masih 17 Kabupaten di Jateng dengan Angka Stunting Tinggi, Pemprov Lakukan Intervensi

Selasa, 21 Februari 2023 - 09:57 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengungkapkan, di wilayahnya saat ini masih ada 17 kabupaten yang mempunyai angka kasus stunting tinggi. Lokasinya tersebar dari wilayah Jateng bagian barat hingga bagian timur. 

Masing-masing Kabupaten Banyumas, Banjarnegara, Blora, Brebes, Cilacap, Pemalang, Purbalingga, Purworejo, Rembang, Sragen, Wonogiri, Wonosobo, Demak, Grobogan, Kebumen, Klaten, dan Magelang.

Ganjar menyatakan telah memerintahkan jajarannya di Pemprov Jateng untuk melakukan intervensi terhadap 17 kabupaten dengan angka stunting tinggi tersebut.

"Kita lakukan pecial treatment terhadap daerah tersebut. Misalnya dengan memberikan beras fortifikas, beras yang diperkaya dengan zat gizi mikro tambahan untuk meningkatkan konsumsi zat besi dan asam folat. Itu sudah kita bagi, harapan kami itu menjadi treatment yang ada," kata Ganjar di sela kegiatan dinasnya di Semarang, Senin (20/2).

Ia menambahkan, pihaknya telah keliling ke beberapa tempat tersebut.  

"Alhamdulillah sekarang sudah dievaluasi. Khusus untuk stunting, kami minta berapa yang potensi stunting, yang ada ibu mengandung, yang bermasalah, terus kemudian mereka yang gizi buruk, itu jadi satu paket,” jelasnya.

Meski masih ada 17 kabupaten yang mempunyai angka stunting tinggi, tapi menurutnya, secara umum dalam empat tahun ini angka stunting di Jawa Tengah turun lebih dari setengahnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
03:27
Viral