Penanganan Longsor..
Sumber :
  • Tim tvOne - Galih Manunggal

Hujan Deras, 3 Desa di Kudus Dilanda Tanah Longsor

Kamis, 23 Februari 2023 - 09:59 WIB

Kudus, tvOnenews.com – Hujan dengan intensitas tinggi yang melanda wilayah Kabupaten Kudus, Jawa tengah mengakibatkan bencana tanah longsor di sejumlah titik.

Selain menutup akses jalan desa, material longsor juga menimpa rumah warga dan mengakibatkan kerusakan.

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus, Munaji dalam keterangannya menyatakan, semua kejadian berada di wilayah Kecamatan Gebog yakni di Dukuh Gingsir Desa Rahtawu, Desa Menawan dan Desa Kedungsari.

Titik longsor pertama di Dukuh Gingsir Desa Rahtawu berupa talud penahan tebing di samping rumah Kemijan dengan panjang ±10 meter dengan tinggi ±3 meter, material longsor menutup akses jalan Desa Rahtawu-Semliro.

Titik lokasi longsor kedua di Desa menawan yang menimpa 4 rumah warga setempat. Smentara titik longsor lainnya di Desa Kedungsari berupa talud penyangga bangunan rumah milik Agus Somanudin yang ambrol setinggi 15 meter yang longsor, sehingga bangunan dapur sepanjang 7 meter dengan lebar 5 meter beserta isinya ikut longsor ke Sungai di Bawahnya.

“Penyebab longsor di sejumlah titik tersebut dikarenakan hujan dengan intensitas sedang hingga deras pada Rabu (22/2/2023) dan Tidak adanya saluran pembuangan air yang baik, serta kondisi tanah yang gembur dan tidak mampu menampung resapan air hujan,” jelas Munaji dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis (23/2/2023).

Akibat bencana tanah longsor ini kerugian yang diderita warga mencapai puluhan juta rupiah. Untuk di Desa Menawan hingga saat ini masih dilakukan Penanganan longsor secara bersama-sama oleh BPBD Kudus beserta Relawan BPBD,FRPB Kudus, FPRB Menawan,Destana Rahtawu dan Warga Setempat.

Sementara untuk di Desa Rahtawu, proses pembersihan material longsor sudah dilakukan oleh warga setempat. (Gml/Dan)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
08:21
03:43
06:21
13:18
01:24
Viral