Foto Pondok Pesantren Tanpo Aran Rata Dengan Tanah.
Sumber :
  • Tim tvOne/Purnomo Gujih

Diterjang Puting Beliung 32 Rumah dan Pesantren di Temanggung Rusak Parah

Rabu, 1 Maret 2023 - 13:30 WIB

Temanggung, tvOnenews.com - Sebanyak 32 rumah dan sebuah Pondok Pesantren di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, rusak diterjang angin puting beliung hingga rata dengan tanah. 

Musibah angin puting beliung yang menerjang Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, pada selasa (28/2/2023) petang kemarin mengakibatkan 32 rumah milik warga dan sebuah pondok pesantren rusak.

Bahkan, Pondok Pesantren Tanpo Aran di Desa Mojotengah, Kecamatan Kedu, Temanggung, rata dengan tanah akibat terjangan angin puting beliung. Bangunan pesanteran yang mengalami rusak parah adalah aula dan kamar tidur santri. Kerusakan yang cukup parah membuat ruangan tersebut tidak bisa digunakan lagi.

Beruntung, saat kejadian berlangsung para santri berhasil menyelamatkan diri, sehingga tidak menimbulkan korban jiwa maupun luka.

"kemarin sore santri sedang adzan, pujian sambil nunggu temen2nya, tiba-tiba ada angin kencang dari arah danurejo". Kata, Ahmad Nasikhun, Pengasuh Ponpes Tanpo Aran.

Petugas dari BPBD Temanggung yang dibantu warga dan relawan langsung melakukan penanganan terhadap rumah warga yang rusak diterjang angin puting beliung, termasuk mengevakusi puing-puing bangunan di ponpes tanpo aran pada Rabu (1/3/2023) siang.

"Kejadian puting beliung ini kemarin terjadi pada hari selasa kurang lebih pukul enam belas tiga puluh, itu angin disertai hujan di beberapa kecamatan yaitu Kecamatan Kedu, Bulu, Parakan, Kandangan dan Temanggung. Insiden tersebut mengakibatkan 32 rumah mengalami rusak ringan dan berat termasuk sebuah pondok pesantren". Kata, Priyo Harjanto, Kasi Darlog Bpbd Temanggung.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:56
07:36
01:53
01:21
01:08
01:52
Viral