Kawasan lereng Gunung Merapi. (Foto : Teguh Joko Sutrisno)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Waspada, BMKG Prediksi Kawasan Merapi Hujan Lebat dan Angin Kencang

Jumat, 3 Maret 2023 - 10:44 WIB

Semarang, tvOnenews.com - BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang memberi peringatan akan potensi terjadinya hujan lebat disertai angin kencang pada periode Jumat 3 Maret 2023 hingga Sabtu 4 Maret 2023.

Hujan lebat diprakiraan terjadi pada siang hari mulai pukul 13.00 WIB hingga pada petang harinya.

Hujan lebat akan disertai angin cukup kencang yang bisa mencapai 60 km/jam. Masyarakat diminta waspada akan potensi banjir dan angin ribut terutama di daerah aliran sungai dan pemukiman di lereng Gunung Merapi.

Daerah lereng Gunung Merapi yang masuk wilayah Jawa Tengah adalah Kabupaten Magelang, Klaten, dan Boyolali. Sedangkan yang masuk wilayah DIY adalah Kabupaten Sleman.

Untuk area yang berpeluang hujan lebat adalah Kecamatan Sawangan, Pakis, dan Dukun di Kabupaten Magelang. Kemudian Selo di Kabupaten Boyolali.

Sementara, area yang masuk Kabupaten Klaten yaitu Kecamatan Kemalang, dan yang masuk Kabupaten Sleman yaitu Kapanewon Pakem dan Cangkringan, berpeluang diguyur hujan dengan intensitas sedang.

Di seluruh wilayah lereng Merapi tersebut, suhu udara berkisar 22-31⁰C. Umumnya cuaca pada pagi hari dan malam adalah berawan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:19
00:55
01:06
01:48
01:38
06:57
Viral