Petugas Damkar evakuasi sarang tawon vespa di rumah warga, Rabu (8/3/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Bikin Resah, Sarang Tawon Ndas Dimusnahkan Tim Damkar Kab. Semarang

Kamis, 9 Maret 2023 - 12:23 WIB

Semarang, tvOnenews.com - Dua buah sarang lebah Vespa atau sering disebut warga dengan 'Tawon Ndas' membuat resah warga perumahan Taman Manunggal Asri RT 5 RW 4 Dusun Tugu, Desa Bener, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Sebelum terjadi sengatan ke warga terutama anak anak, karena sebelumnya sejumlah warga hampir saja menjadi korban sengatan, sang pemilik rumah akhirnya meminta bantuan tim Damkar Tengaran di bawah Komandan Regu B untuk memusnahkan sarang tawon tersebut.

Pemilik rumah, Nadhir mengatakan, dirinya telah mencari cara dan berusaha mengusir tawon tersebut, namun tidak berhasil. Bahkan semakin hari sarangnya semakin membesar sehingga membahayakan keselamatan seisi rumah.

“saya sengaja kontak Damkar Tengaran untuk membantu mengusir tawon dari rumah saya karena membahayakan terutama bagi anak-anak” ujar Nadhir, Kamis (9/3/2023).

Sarang tawon ndas yang berada di rumah Nadhir memiliki ukuran yang cenderung besar dengan satu lubang operasional. Selain itu, bentuknya bulat seperti tanah dan melekat sesuai ukuran sarang, serta tidak mempunyai tangkai. Dari segi fisik hewannya, tawon ndas memiliki corak kuning dan oranye yang dominan pada punggungnya.

" Operasi penangkapan sarang tawon memang sengaja dilakukan di malam hari (Rabu,8/3/2023), karena jika siang hari tawon tersebut pada beterbangan sehingga sulit menangkap," jelas Nadhir.

Sementara itu Sutomo, petugas Damkar mengatakan pihaknya sering kali mendapat laporan untuk membantu warga mengusir sarang tawon ataupun adanya ular di dalam rumah.  

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral