Gubernur Jawa Tengah saat memberikan penjelasan terkait dengan Patahan Weleri, Rabu (15/3/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Edi Mustofa

Patahan Weleri di Kabupaten Batang yang Berpotensi Gempa, Ganjar: Itu Bukan Nakut-Nakuti

Rabu, 15 Maret 2023 - 20:23 WIB

Batang, tvOnenews.com - Berdasarkan peta kegempaan yang di lewati Patahan Weleri di Kabupaten Batang yang berpotensi gempa, melintasi 8 desa dengan 3 Kecamatan, yaitu Kecamatan Gringsing, Kecamatan Subah dan Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Potensi gempa pada Patahan Weleri masih dalam rata-rata yang lebih kecil dan pelan jika dibanding sejumlah wilayah lain di Jateng.

Terkait hal tersebut, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, saat ditemui usai menghadiri Musrenbangwil di Pendopo Kabupaten Batang, Rabu (15/03/2023), menjelaskan bahwa memang kita hidup di wilayah bencana. Kita tidak perlu panik berlebihan, berpikir cerdas dan lengkapi literasi dengan cukup, bagian dari mitigasi.

“Nanti geolog, ilmuwannya nanti kita undang agar bisa menjelaskan, tadi sudah banyak yang panik ke saya waaa nanti semua orang takut. Orang bukan takut, tapi literasi nya cukup dan cerdas dalam menghadapi situasi itu. Kan kita memang hidup di wilayah bencana," kata Ganjar Pranowo.

Ganjar Pranowo juga menjelaskan bahwa mitigasi dan edukasinya selalu ada, baik dari  BMKG maupun dari Badan Geologi. Selain itu edukasi terus dilakukan dari sejumlah instansi terkait, sebagai upaya bagian dari mitigasi.

“Penjelasan dari BMKG maupun badan Geologi yang diberikan itu bukan nakut-nakuti. Itulah bagian dari mitigasi. Maka, kalau kita berada di wilayah yang rawan bencana, konstruksinya mesti baik, kalau itu daerah bahaya jangan ada di situ, itu kan. Terus kemudian  formasi-formasi yang ada dimuka bumi, kalau tidak di rubah, ya jangan di rubah, biasanya pengendalian tata ruang,” ungkapnya. 

Sebelumnya diberitakan, Ada 19 Kilometer Patahan Weleri Yang Ditemukan BMKG di Batang. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jawa Tengah menemukan Patahan Weleri di Kabupaten Batang yang memiliki potensi gempa.

Berdasarkan peta kegempaan yang di lewati Patahan Waleri ada yakni di Kecamatan Gringsing, yang meliputi Desa Lebo, Desa Krengseng, Desa Sawangan, Desa Sidorejo dan Desa Ketanggan. Di wilayah Kecamatan Subah yakni di Desa Gondang dan Desa Kuripan. Dan di Kecamatan Banyuputih, yakni di Desa Kedawung. (Hhm/Buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral