Petugas PMI menata stok darah. (ANTARA).
Sumber :
  • ANTARA

Masuk Pekan Kedua Ramadhan, PMI Cabang Kudus Pastikan Stok Darah Aman

Rabu, 29 Maret 2023 - 10:36 WIB

Kudus, tvOnenews.com - Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kudus, Jawa Tengah memastikan stok atau ketersediaan darah masih cukup di awal pekan kedua Ramadhan 1444 Hijriah ini.

Pihaknya masih dapat memenuhi kebutuhan darah hingga beberapa hari mendatang.

"Berdasarkan data stok hari ini, jumlah darah yang tersedia sebanyak 603 kantong. Jumlah ini diperkirakan cukup untuk memenuhi permintaan darah dari sejumlah pihak selama beberapa hari mendatang," kata Humas Unit Donor Darah PMI Cabang Kudus Praptiningsih di Kudus, Rabu (29/3/2023).

PMI Kudus memiliki 195 kantong darah golongan A, 162 kantong darah golongan B, 60 kantong darah golongan AB, dan 186 kantong darah golongan O.

Stok darah tersebut merupakan stok yang didapat melalui kegiatan donor darah di sejumlah lembaga pendidikan dan perusahaan di Kudus.

Kegiatan donor darah antara lain telah dilaksanakan oleh SMP 1 Kudus, Institut Agama Islam Negeri, Universitas Muria Kudus, PPNI, PT Hartono Istana Teknologi (Polytron), PT Djarum, serta Pemerintah Desa Nganguk.

​​​​​​"Hasilnya, hingga pekan kedua bulan puasa stok darah masih aman karena tersedia 603 kantong. Kalaupun setiap hari rutin ada permintaan dari rumah sakit maupun bank darah, maka bisa tahan selama tiga harian," ungkap Praptiningsih.

Sementara pada bulan Ramadhan ini, PMI Kudus rutin menggelar layanan donor darah di Alun-alun Kudus pada malam hari. Hal itu dilakukan sebagai upaya menambah stok darah selama bulan puasa.

"Kami juga masih memiliki stok darah karantina yang menunggu pengecekan di laboratorium terlebih dahulu," katanya.

Dijadwalkan, PMI Kudus pada awal April 2023 akan mengadakan pelayanan donor darah bagi jemaat gereja dan karyawan rumah sakit swasta.(Ant/Dan)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral