Tim Gegana saat musnahkan 55,52 kg serbuk mercon di lapangan Kalianget, Wonosobo, Rabu (29/3/2023).
Sumber :
  • Tim tvOne - Ronaldo Bramantyo

Tim Gegana Brimob Polda Jateng Musnahkan Puluhan Kilogram Serbuk Mercon di Wonosobo

Kamis, 30 Maret 2023 - 17:02 WIB

Wonosobo, tvOnenews.com –  Tim Gegana Brimob Polda Jateng memusnahkan barang bukti puluhan kilogram bahan peledak atau serbuk mercon hasil sitaan jajaran Polres Wonosobo, Jawa Tengah.

Menurut Kapolres Wonosobo, AKBP Eko Novan Prasetyo, sebanyak 55,52 kilogram serbuk mercon yang dimusnahkan merupakan hasil penyitaan dari 3 tersangka yang berhasil ditangkap oleh tim Resmob Polres Wonosobo pada Senin malam lalu (27/03/23) di dua lokasi berbeda di Kabupaten Wonosobo.

“Dari hasil penangkapan 3 tersangka di 2 lokasi yang berbeda didapatkan barang bukti berupa bubuk petasan sebanyak 40 kilogram di Kenjer Kertek dan 15,52 kilogram di Pos Ojek Mendolo,” ungkap Kapolres di lokasi pemusnahan serbuk mercon, Lapangan Kalianget, Rabu (29/03/23).

Menurutnya barang bukti berupa bahan peledak harus segera dimusnahkan, karena sifat bahan peledak yang tidak stabil dan berbahaya serta mudah meledak karena sebab-sebab tertentu.

Kapolres juga menambahkan, agar tidak membahayakan dan tidak mengganggu warga disekitar lokasi pemusnahan, pemusnahan puluhan kilogram serbuk mercon tersebut membutuhkan tim serta teknik yang khusus.

“Pemusnahan dengan cara ini hanya menimbulkan efek terbakar tanpa ledakan sehingga tidak akan menganggu masyarakat sekitar lokasi pemusnahan,” jelasnya.

AKBP Eko Novan juga mengimbau masyarakat agar tidak menyimpan maupun memperjual belikan bahan peledak atau bubuk petasan secara ilegal dikarenakan dapat membahayakan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral