Api membumbung saat Tim Gegana Brimob musnahkan 10 kilogram bahan mercon, Kamis (30/3/2023).
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Api Membumbung Tinggi saat 10 Kilogram Bahan Mercon Dimusnahkan Tim Gegana Brimob Polda Jateng

Kamis, 30 Maret 2023 - 22:41 WIB

Satiga, tvOnenews.com - Guna mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan dari penyimpanan barang bukti 10,7 kilogram bahan mercon, Polres Salatiga bersama tim Jibom Gegana Satbrimob Polda Jateng, melakukan pemusnahan bahan mercon di Alas Karet, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah.

Dalam pemusnahan bahan pembuat petasan ini tim Jibom Gegana Satbrimob Polda Jateng menggunakan metode pembakaran. Hal ini dikarenakan lebih aman ketimbang diledakkan karena bisa mengganggu warga sekitar dan bisa menimbulkan kerugian.

“Jika pemusnahan memakai sistem ledakan atau memakai lubang akan sangat berbahaya,” jelas Kanit 1 Subden 2 Jibom Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Jateng, IPDA Muhammad Zaini. Kamis (30/3/2023).

Menyimpan bahan pembuat petasan dengan jumlah yang banyak akan sangat berbahaya bagi orang awam, seperti contoh di beberapa daerah yang rumah warga mengalami kerusakan akibat ledakan bahan pembuat petasan.

“Contohnya kemarin kejadian di Magelang, Majenang, Banyumas beberapa rumah rusak akibat ledakan bahan pembuat petasan. Bahan pembuat petasan ini jika tidak stabil akan sangat berbahaya bagi pemilik maupun sekitarnya.” imbuhnya.

Sementara itu, ditambahkan oleh Kasat Reskrim Polres Salatiga, AKP Arifin Suryani, pelaksanaan pemusnahan ini dilaksanakan guna memastikan keamanan, karena sangat berbahaya apabila barang bukti bahan pembuat petasan disimpan di kantor.

Bahan petasan ini merupakan hasil dari razia yang digelar oleh Satreskrim Polres Salatiga beberapa hari lalu.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:57
02:32
01:28
04:58
01:44
02:05
Viral