Petugas Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Kabupaten Temanggung melakukan pengecekan barang di toko swalayan. (ANTARA).
Sumber :
  • ANTARA

Lindungi Konsumen, Pemkab Temanggung Cek Barang yang Beredar di Swalayan

Selasa, 11 April 2023 - 15:21 WIB

Temanggung, tvOnenews.com - Menjelang Lebaran 2023, Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan (Diskopdag) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah melakukan pengecekan barang swalayan.

Kepala Bidang Perdagangan Diskopdag Kabupaten Temanggung, Pontjo Marbagjo mengatakan kegiatan ini dilakukan bersama tim Satgas Pangan sebagai upaya perlindungan kepada konsumen.

"Karena kalau barang kedaluwarsa tersebut sampai dibeli konsumen maka akan merugikan konsumen," katanya, Selasa (11/4/2023).

Ia menyampaikan, menjelang Lebaran sering ditemukan barang-barang kedaluwarsa sehingga kegiatan ini diharapkan sebagai upaya pencegahan agar di Temanggung tidak terjadi.

"Kami memastikan barang yang beredar tidak kedaluwarsa dan memastikan bahwa barang yang dijual itu sesuai berat yang tertera di kemasan," katanya.

Pontjo mengatakan hasil pengecekan yang dilakukan di toko swalayan ini dari bermacam barang, seperi roti kaleng, roti tawar, dan susu ternyata aman semua, tidak ada yang kedaluwarsa.

Termasuk produk UMKM yang dijual di swalayan ternyata juga sudah memenuhi syarat yang ditentukan, ada pelabelan, ada merk, dan tanggal kedaluwarsa juga ada.

Ia menuturkan semua toko swalayan nanti dilakukan pengecekan dan diharapkan dalam pekan ini selesai.

"Kami juga melakukan pengawasan di SPBU terkait distribusi BBM bagi masyarakat Temanggung, baik elpiji maupun bahan bakar minyak," katanya. (Ant/Dan)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:08
07:10
01:19
01:00
11:11
09:23
Viral