Arsip Foto. Petugas memasang kamera CCTV di Jalan Tol Trans Jawa ruas Semarang-Batang, Jawa Tengah. (ANTARA).
Sumber :
  • ANTARA

Lebaran Semakin Dekat, Diskominfo Semarang Cek CCTV di Lokasi-Lokasi Strategis

Rabu, 12 April 2023 - 10:37 WIB

Semarang, tvOnenews.com - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Semarang, Jawa Tengah mengecek kondisi kamera pemantau CCTV (Closed Circuit Television).

Diskominfo mengecek CCTV yang dipasang di lokasi-lokasi strategis guna memastikan perangkat berfungsi baik untuk mendukung upaya pengawasan lingkungan menjelang Lebaran.

Kepala Diskominfo Kota Semarang, Soenarto mengatakan pihaknya juga mendapat laporan kerusakan sejumlah CCTV di wilayahnya.

"Ada beberapa laporan kerusakan atau kebutuhan perbaikan (CCTV) dari masyarakat kaitannya dengan persiapan Lebaran ini," katanya, Rabu (12/4/2023).

Ia mengatakan bahwa dinas memprioritaskan pengecekan dan perbaikan CCTV di tempat-tempat strategis seperti pusat keramaian serta jalur keluar masuk permukiman atau perkampungan.

"Kami sudah meminta tim untuk menghitung mana-mana (CCTV yang rusak) untuk segera diperbaiki. Utamanya, kami berikan arahan untuk menjadi prioritas, yakni tempat-tempat yang strategis," katanya.

CCTV yang dilaporkan rusak dan berdasarkan hasil pengecekan tidak bisa diperbaiki, kata Soenarto, akan diganti dengan perangkat yang baru.

"Ini ada beberapa sedang kita upayakan, karena ada yang rusak dan enggak mungkin diperbaiki. Walaupun tidak banyak, kami ada anggaran untuk penggantian," tambahnya.

Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menyampaikan pentingnya dukungan perangkat CCTV dalam kegiatan pengawasan dan pengamanan wilayah.

Dia menginginkan upaya pengawasan dan pengamanan wilayah dioptimalkan menjelang Lebaran, ketika banyak rumah warga kosong karena ditinggal pemiliknya mudik.

Data dari pemerintah kota, ada sekitar 10 ribu CCTV yang dipasang di berbagai lokasi untuk mendukung upaya pengawasan lingkungan.

Masyarakat diharapkan lebih proaktif melaporkan kondisi perangkat CCTV yang membutuhkan pemeliharaan maupun perbaikan di lingkungan sekitarnya. (Ant/Dan)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral