Posko mudik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah pada arus mudik Lebaran 2023. (ANTARA).
Sumber :
  • ANTARA

Antisipasi Bencana saat Lebaran 2023, BPBD Kudus Siapkan Personel dan Alat Pendukung Penanganan Bencana

Rabu, 19 April 2023 - 13:20 WIB

Kudus, tvOnenews.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah menyiapkan personel dan peralatan pendukung.

Hal tersebut sebagai langkah mengantisipasi potensi terjadinya bencana alam pada masa mudik Lebaran 2023.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kudus, Mundir menjelaskan potensi bencana alam pada musim pancaroba seperti sekarang ini, adalah angin kencang.

Sementara, untuk potensi hujan deras diprediksi sudah tidak terjadi.

Meski demikian, kata dia, masyarakat tetap harus waspada karena ternyata akhir-akhir ini masih sering turun hujan, meski hanya sebentar.

Saat mudik lebaran, BPBD Kudus juga membantu menyiapkan posko mudik dengan menerjunkan relawan dan personel BPBD untuk siaga 24 jam di posko secara bergilir. Termasuk mobil ambulans dan mobil pemadam kebakaran.

Mengantisipasi bencana kekeringan, BPBD Kudus juga telah menyiapkan tangki penampungan air dengan berbagai kapasitas dan mobil tangki pengangkut air bersih. 

Jika diperlukan, dapat disalurkan ke daerah-daerah yang kekurangan air bersih dengan menyiapkan bak penampungan air untuk diisi air bersih.

Peralatan pendukung dalam menghadapi bencana alam juga telah disiapkan, mulai dari perahu karet plus mesin, tenda pleton dan regu, genset, puluhan pelampung, tali karmentel dan alat pendukung lainnya. (Ant/Dan)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:23
01:35
01:45
01:54
01:47
15:24
Viral