Sejumlah petugas melakukan uji beban dengan menggunakan empat Dump Truck di Jembatan Juwana, Kabupaten Pati, Jateng, Jumat (5/5/ 2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Lolos Uji Keamanan, Jembatan Juwana Pati Aman Digunakan Hingga 50 Tahun ke Depan

Jumat, 5 Mei 2023 - 20:56 WIB

Pati, tvOnenews.com – Setelah dinyatakan lolos uji keamanan atau Structural Health Monitoring System (SHMS), jembatan Juwana sisi utara yang berada di Jalan Pantura Pati- embang dinyatakan sudah dapat digunakan selama 50 tahun ke depan.

Sebelumnya hari ini Jumat (5/5/2023) PT Bukaka Teknik Utama, selaku pelaksana proyek pembangunan jembatan Juwana sisi utara melakukan uji beban jembatan selama tiga jam.

Dalam uji keamanan tersebut, arus lalu lintas di atas jembatan Juwana sisi utara yang mengarah ke Kabupaten Rembang ditutup dan dialihkan ke jembatan Juwana sisi selatan sejak pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB. 

Akibat penutupan jembatan Juwana sisi utara ini, kendaraan tampak padat merayap di beberapa titik. Terutama saat memasuki jembatan Juwana sisi selatan.

Pasalnya, Kendaraan yang lewat berjalan dengan kecepatan 10 km per jam, karena harus antri melewati jembatan yang sehari hari digunakan hanya untuk satu arah dari timur atau Rembang menuju Pati, saat uji beban juga digunakan dua arah dari barat atau Pati menuju Rembang.

Dalam uji keamanan jembatan Juwana sisi utara, dilakukan dengan dua metode. Yakni metode statis dan dinamis.

Metode statis dengan cara meletakkan empat kendaraan dump truk dengan masing masing berat 27 ton di atas jembatan. Dalam uji coba ini, didapatkan getaran yang timbul. Berdasarkan alat SHMS yang digunakan getarannya mencapai 2,54 Hz. Ini dinilai sudah sesuai standar keamanan jembatan.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral