Longsor yang timbun jalur rel kereta api di Purwakarta, Jumat (5/5/2023) malam..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Longsor Timbun Rel di Purwakarta, KA Harina Terlambat Tiba di Semarang 5 Jam Lebih

Sabtu, 6 Mei 2023 - 10:27 WIB

Semarang, tvOnenews.com - Peristiwa longsor di Purwakarta mengakibatkan gangguan perjalanan kereta api. Salah satunya KA Harian dan Ciremai dari Bandung tujuan Stasiun Semarang Tawang. 

Longsoran tanah terjadi antara petak jalan Sukatani-Cigane Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa Barat. Hal itu mengakibatkan KA Harina relasi Bandung-Semarang Tawang-Surabaya Pasarturi mengalami keterlambatan kedatangan.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Ixfan Hendri Wintoko menjelaskan, sesuai informasi dari Humas Daop 2 bandung, bahwa longsor terjadi di 3 titik pada petak jalan tersebut.

Tepatnya terjadi di KM 111+0 sampai 111+4 yang mengakibatkan jalur KA tidak dapat dilewati.

Longsor di sejumlah titik tersebut terjadi setelah hujan deras mengguyur derasnya curah hujan pada daerah tersebut sejak Jumat (5/5/2023) sore hari.

Akibat dari kejadian tersebut, di wilayah Daop 4 Semarang sampai saat ini, ada 1 perjalanan KA yang mengalami keterlambatan yaitu KA 124A Harina yang pada pukul 06.51 posisi berada di Stasiun Tegal mengalami kelambatan 5 jam lebih.

Selain itu, pada perjalanan KA 150B Ciremai juga sempat mengalami keterlambatan 1 jam 10 menit, di mana pada pukul 01.16 WIB baru tiba di Stasiun Semarang Tawang yang seharusnya tiba pukul 00.06 WIB.

"Sebagai bentuk kompensasi atas keterlambatan yang terjadi, KAI memberikan service recovery berupa makanan berat dan air mineral kepada seluruh penumpang KA Harina dan pengembalian bea tiket hingga 100 persen bagi pelanggan yang terdampak," jelas Ixfan, Sabtu (6/5/2023).

Ia menambahkan, bagi para calon penumpang KA Harina yang naik dari Stasiun Semarang Tawang maupun dari Stasiun Ngrombo, akan dialihkan perjalanannya menggunakan KA Ambarawa Ekspress menuju Stasiun Surabaya Pasarturi.

Sebagai informasi pada pukul 04.55 WIB jalur KA pada petak jalan Sukatani-Cigane sudah dilakukan penanganan dan dapat dilewati kereta api dengan batas kecepatan tertentu.

“Kami atas nama manajemen PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan perjalanan KA yang terjadi,” kata Ixfan. (Tjs/Dan)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:00
01:35
02:53
03:01
04:40
01:09
Viral