Longsor menutup jalan alternatif Temanggung-Semarang. (ANTARA).
Sumber :
  • ANTARA

Pascalongsor Temanggung, Jalur alternatif Temanggung-Semarang lancar

Sabtu, 6 Mei 2023 - 10:37 WIB

Temanggung, tvOnenews.com - Jalur alternatif Temanggung-Semarang dibuka kembali setelah tertutup longsor di Desa Kalimanggis, Kaloran Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah pada Jumat (5/5/202) malam.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung, Toifur Hadi mengatakan hujan dengan intensitas tinggi di sekitar Kaloran mengakibatkan tebing setinggi 10 meter dan lebar tujuh meter longsor dan menutup jalan Temanggung-Semarang.

"Longsor menutup 90 persen ruas jalan dengan ketebalan material sekitar satu meter," katanya, Sabtu (6/5/2023).

Hadi menyampaikan penanganan longsor dilakukan dengan cara manual, menggunakan alat berat serta penyemprotan dengan truk tangki.

Untuk penanganan material longsor menggunakan alat berat sudah dimulai sejak pukul 01.00 WIB.

"Penanganan longsor selesai pukul 03.25 WIB dan untuk arus lalu lintas kembali lancar sekitar pukul 03.30 WIB," tambahnya. 

Kabag Operasional Polres Temanggung Kompol Yanu Fajar menyampaikan bencana tanah longsor ini merupakan kejadian untuk kedua kali di kawasan tersebut pada 2023, yang pertama di bulan Januari dan sekarang terjadi di lokasi yang bersebelahan.

Dampak kejadian longsor tersebut petugas melakukan pengalihan arus bagi kendaraan roda empat. Sedangkan roda dua masih bisa melintas meski harus ekstra hati-hati.

"Setelah kejadian dan jalan tidak bisa dilewati, kami langsung berupaya untuk mengalikan arus lalu lintas bagi roda empat yang mau melintas ke Sumowono dengan menempatkan personel di Perempatan Geneng dan Pertigaan Mengor Kaloran supaya masyarakat yang akan menuju Sumowono dialihkan melalui Kecamatan Kranggan maupun Kota Temanggung," tutupnya. (Ant/Dan)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral