Kesenian Wayang Krucil pentas di acara sedekah bumi, Sabtu (27/5/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Agung Wibowo

Setahun Sekali, Kesenian Wayang Krucil Blora Pentas di Acara Sedekah Bumi

Sabtu, 27 Mei 2023 - 17:39 WIB

Blora, tvOnenews.com - Meski sudah jarang dijumpai kesenian wayang krucil ternyata masih kental dengan desa yang ada di Kabupaten Blora, Jawa Tengah

Kesenian wayang krucil tersebut dipentaskan setahun sekali saat datangnya tradisi acara sedekah bumi yang ada di Desa Plantungan, Kabupaten Blora. 

Sedekah bumi sendiri digelar saat datangnya musim panen padi maupun tebu setiap setahun sekali, yaitu dengan mengelar kesenian wayang krucil yang sudah dilakukan secara turun menurun. 

Kesenian tradisional tersebut digelar di sendang besar atau sendang Timongo sekaligus sebagai tempat bancakan atau syukuran desa setempat. Menurut warga, konon pernah terjadi, tidak diadakan sedekah bumi serta tidak menggelar kesenian wayang krucil dan di desa tersebut terjadi angin ribut. 

"Ya ini setiap setahun sekali acara sedekah bumi, dan menggelar acara wayang krucil," ungkap Endang Susana selaku Kades Desa Plantungan, Sabtu (27/5/2023). 

Endang menjelaskan apabila acara sedekah bumi tersebut tidak dilaksanakan ditakutkan akan terjadinya bencana terhadap desanya. 

"Wah gonjang ganjing apabila tidak dilaksanakan, apalagi kalau tidak adanya wayang krucil takutnya langsung adanya angin ribut,"jelasnya

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
02:13
01:10
01:07
03:09
04:29
Viral