Sepeda listrik bawaan salah satu jemaah calon haji dari Embarkasi Solo, Jumat (2/6/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Agus Saptono

Mayoritas Lansia, Rombongan Jemaah Calon Haji Embarkasi Solo Ini Bawa Sepeda Listrik

Jumat, 2 Juni 2023 - 17:30 WIB

Boyolali, tvOnenews.com - Jemaah calon haji terus berdatangan di Asrama Haji Donohudan Boyolali atau Embarkasi Solo, Jawa Tengah. Jumlah jemaah datang hingga hari ini, Jumat (2/6/2023), sudah lebih dari 10 ribu orang jemaah.

Pada musim haji tahun 1444 H/ 2023 M, menjadi prioritas usia lanjut, sehingga mengusung tagline "Haji Berkeadilan dan Ramah Lansia". Mengingat usia jemaah yang sudah lansia ini sehingga banyak jemaah yang kurang memperhatikan barang-barang bawaan.

Kasi Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Gentur Rachma Indriadi, mengungkapkan, dalam pemeriksaan koper bagasi milik jemaah, PPIH masih menemukan sejumlah benda yang salah penempatan. Misalnya, powerbank yang seharusnya ditempatkan di tas tenteng justru ditaruh di koper bagasi.

"Barang-barang larangan yang sampai saat ini masih kami temukan di koper bagasi yakni powerbank, alat pencukur dengan motor (elektrik). Idealnya kedua benda itu ada di tas tenteng. Dan ada juga beberapa benda yang seharusnya di koper bagasi malah dibawa di tas tenteng," ujarnya.

Selain menemukan Powerbank dan alat cukur elektrik, kata Gentur, PPIH juga menemukan sepeda listrik yang sengaja dibawa oleh salah satu jemaah calon haji kloter 30 asal Kebumen.

"Ini di kloter 30 didapati ada satu jemaah yang membawa sepeda listrik. Informasi dari Garuda tadi boleh dibawa tapi baterai harus dilepas. Untuk ketentuan teknisnya nanti pihak Garuda yang akan berkoordinasi dengan petugas dan jemaah tersebut," ujarnya.

Salah satu jemaah, Wahid Mahfud (65), mengaku sengaja membawa sepeda listrik untuk membantu memudahkan jemaah lain dalam beribadah di tanah suci. Hal ini mengingat jarak antara tempat penginapan jemaah dengan Masjidil Haram sekitar 3 kilometer.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral