Sejumlah persiapan meraimakan pawai sedekah bumi Dukuh Cepoko, Pati, Jawa Tengah, Jumat (2/6/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Belasan Sound Horeg akan Getarkan Prosesi Sedekah Bumi di Pati, Warga Lakban Kaca Rumah dan Toko

Jumat, 2 Juni 2023 - 23:08 WIB

Pati, tvOnenews.com - Warga Dukuh Cepoko Desa Ngagel, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, mempunyai cara berbeda untuk merayakan sedekah bumi tahun ini. Belasan Sound Horeg baik lokal maupun dari luar daerah didatangkan untuk meramaikan perayaan tahunan itu. 

Selain Sound Brewog, tujuh sound horeg dari Jawa Timur lainnya turut memeriahkan acara ini. Seperti Sriwijawa Audio, Zulfais, KF Pro, HRJ, Sinar Music, BIG W, dan HL Audio. Selain itu 5 sound lokal juga turut meramaikan pawai sound horeg dalam rangka memeriahkan acara sedekah bumi yang akan digelar pada hari Sabtu (3/6/2023) besok. 

Kerasnya getaran yang diakibatkan sound horeg dikhawatirkan akan merusak beberapa bagian rumah, diantaranya kaca dan atap rumah. Untuk mengantisipasi kerusakan kaca rumah, warga disepanjang rute yang akan dilewati pawai sound horeg memilih untuk melakban kaca teras mereka. 

Unggahan warga di sejumlah platform media sosial saat melakban kaca dan rencana akan tampilnya belasan sound horeg tersebut sontak viral. Karena kontes sound horeg dalam jumlah besar, baru kali pertama diadakan di desa tersebut. 

Warga melakban kaca rumah dan toko untuk mengantisipasi kaca pecah akibat suara Sound Horeg. (Abdul Rohim)

Koordinator kegiatan, Nur Irfaul Huda mengatakan, warga yang rumahnya berada di sepanjang rute pawai melakban kaca rumahnya. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi adanya kerusakan akibat kerasnya bunyi bass dari sound horeg yang akan diarak keliling desa. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral