Ground breaking pabrik daur ulang plastik di Kawasan Industri Kendal, Selasa (6/6/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Pabrik Daur Ulang Limbah Plastik Dibangun di Kendal, Bupati: Peluang BUMDes Pasok Bahan Baku

Selasa, 6 Juni 2023 - 21:29 WIB

Kendal, tvOnenews.com - Potensi sampah plastik mudah didaur ulang punya ekonomis tinggi di Indonesia. Seperti plastik jenis PET (polyethylene terephthalate) yang banyak dipakai untuk kemasan air minum. 

Hal ini membuat sebuah perusahan pengolahan limbah plastik mendirikan fasilitas produksi PET food-grade pertama dan satu-satunya di Jawa Tengah yang berada di Kawasan Industri Kendal.

"Melihat komitmen dari ALBA untuk menjaga lingkungan sekitar melalui pengelolaan sumber daya yang bertanggung jawab dan perlindungan lingkungan sekitar, kita mendukung dibangunnya pabrik pengelolaan sampah plastik di Kendal," jelas Bupati Kendal Dico Ganinduto, Acara ground breaking pendirian pabrik dilakukan pada Selasa (6/6/2023).

"Adanya pabrik daur ulang plastik ini akan membuat peluang kerja sama dengan BUMDes dalam hal pengelola sampah." lanjut Dico.

Sementara itu Direktur ALBA Tridi Plastics Recycling Indonesia dan pendiri PT Tridi Oasis Group, Dian Kurniawati, mengatakan, hampir semua merek botol plastik air mineral menggunakan plastik berbahan dasar PET.

"Pabrik dengan teknologi canggih di Kawasan Industri Kendal Industrial Park, Jawa Tengah ini mampu produksi 36 ribu ton material PET daur ulang, termasuk material food-grade untuk pembuatan botol minum PET baru," jelas Dian.

Ia menambahkan, dampak sosial positif dari investasi pabrik baru senilai US$60 juta tersebut antara lain bisa menyerap 150 pekerjaan baru, serta membuka peluang bagi warga di Kendal dan sekitarnya untuk memasok raw material. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral