Perahu nelayan tradisional bersandar di pinggir laut Desa Pandean, Rembang, Jawa Tengah, Rabu (7/6/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Gelombang Laut Utara Jawa Capai 3 Meter, Ratusan Nelayan Rembang Berhenti Melaut

Rabu, 7 Juni 2023 - 14:13 WIB

Rembang, tvOnenews.com - Cuaca buruk dan gelombang tinggi di perairan utara Jawa membuat ratusan nelayan tradisional di pesisir Pantura Rembang, Jawa Tengah, tidak berani melaut.

Nelayan lebih memilih menyandarkan perahu mereka di bibir pantai sambil menunggu cuaca dan gelombang laut kembali membaik.

Ratusan perahu nelayan kecil dengan kapasitas rata rata 3 Gross Ton ini hanya bisa terparkir di bibir pantai Desa Pandean, Rembang, sembari menanti cuaca kembali membaik.

Cuaca buruk yang terjadi dua hari terakhir ini membuat ketinggian ombak di perairan utara jawa mencapai 3 meter dan bisa membahayakan keselamatan jiwa.

Selama tidak melaut/ para nelayan mengisi waktu luang dengan memperbaiki perahu serta alat tangkapan mereka sembari menunggu cuaca kembali membaik. 

“Kami tidak melaut ini karena cuaca buruk. Ketinggian ombak di tengah yang lebih dari 5 mil mencapai 3 meter, kalau di dekat dekat sini ya dibawah 2 meter," kata Sujari, salah seorang nelayan Desa Pandean, Rembang, Rabu (7/6/2023).

Namun, ditengah cuaca buruk ada juga sebagian nelayan yang tetap nekat melaut untuk mencari ikan. Mereka hanya berlayar dengan jarak 5 hingga 7 kilometer dari bibir pantai.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral