Polres Purworejo saat gelar konfrensi pers kasus penipuan jemaah umrah, Selasa (13/6/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Edi Suryana

Gelapkan Uang Puluhan Jemaah Umrah, Pasutri di Purworejo Diringkus Polisi

Selasa, 13 Juni 2023 - 13:23 WIB

Purworejo, tvOnenews.com - Aparat Kepolisian Resor Purworejo, Jawa Tengah, meringkus sepasang suami istri karena diduga melakukan penipuan dan penggelapan uang milik puluhan jemaah calon umrah.

Adalah Antono AN (54) dan Siti Nur Ngaeni SNN (43) pria dan wanita dari Purworejo dan Kebumen, Jawa Tengah, yang meraup uang hingga miliaran rupiah dari aksi tipu-tipunya itu.

"Modus operandinya, dua tersangka ini memanfaatkan momentum pengajian di sebuah pondok pesantren di Kutoarjo. Kepada para calon jemaah, mereka memberikan iming-iming umrah cepat berangkat, tanpa harus berlama-lama menunggu," kata Kapolres Purworejo, AKBP Victor Ziliwu dalam jumpa pers, Selasa (13/6/2023).

Secara keseluruhan ada sebanyak 31 orang menjadi korban atas aksi Pasutri tersebut. Dana yang sudah disetor para jemaah calon umrah ini mencapai Rp 1 miliar lebih

Ziliwu menjelaskan pengungkapan kasus ini bermula dari laporan yang disampaikan sejumlah korban. Dari laporan itu, penyidik Satuan Reskrim pun bergegas melakukan penyelidikan.

Dalam menjalankan aksinya, mereka mencatut nama PT Impresa Media Wisata, Purworkerto. Keduanya mengaku sebagai tenaga freelance marketing perusahaan penyedia jasa ibadah umrah tersebut.

"Tapi setelah kami cek, PT Impresa menerangkan bahwa tersangka ini bukan merupakan karyawan perusahaan tersebut. Sehingga kami lakukan penindakan," sebut Kapolres lagi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral