Masjid Raya Sheikh Zayed Solo.
Sumber :
  • Tim tvOne/Effendy Rois

Nasib Apes Satpam Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Dipecat karena Terima Tip Rp5.000, Ratusan Karyawan Mogok Kerja

Senin, 19 Juni 2023 - 00:58 WIB

Surakarta, tvOnenews.com - Salah seorang satpam di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, berinisial ES dipecat usai menerima uang tip Rp5.000 dari pengunjung. Surat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) ini telah diterimanya sejak Rabu, (14/6/2023) malam.

Menurut ES pemecatan ini diawali dari sang pimpinan yang menerima sebuah potongan video yang memperlihatkan dirinya menerima tip dari pengunjung. Kemudian tak berselang lama dirinya langsung dikeluarkan.

"Itu pimpinan dapat video dari seseorang. Jadi waktu setelah dapat video hari itu juga saya dikeluarkan. Pengirim video siapa, saya juga kurang tahu," katanya saat dikonfirmasi.

Meski demikian. ES mengatakan bahwa untuk masalah tip dari pengunjung aturan dari pimpinan sebelumnya adalah diperbolehkan selama tidak meminta secara langsung. 
 
"Kalau dikasih ya diterima jangan meminta untuk memasang tarif. Ya sudah kita laksanakan sesuai perintah pimpinan. Hasil dari uang itu dikumpulkan juga buat bareng-bareng, buat dana sosial," imbuhnya. 

ES menyebut aturan itu sudah ada usai lebaran. Namun, usai dirinya dikeluarkan aturan tersebut diubah. Karyawan dilarang menerima tip dalam bentuk apapun. 

Akibat pemecatan tersebut, rekan satpam ES yang juga bekerja di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo bahkan sempat mogok kerja beberapa jam sebagai bentuk solidaritas.

"Itu yang menyebabkan anak-anak jadi mogok kerja. Setelah kejadian kenapa baru ada aturan kayak gini. Kenapa enggak dari awal," terangnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral