Apel penutupan evakuasi delapan pekerja tambang emas di Banyumas, Selasa (1/8/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sonik Jatmiko

Tim SAR Gabungan Resmi Hentikan Pencarian 8 Penambang Emas di Banyumas

Selasa, 1 Agustus 2023 - 20:57 WIB

Banyumas, tvOnenews.com - Setelah hari ketujuh upaya pencarian dan evakuasi 8 pekerja tambang emas ilegal di sumur tambang Dusun Tajur, Desa Pancurendang, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas,  Jawa Tengah, akhirnya dihentikan.

Delapan pekerja tambang yang merupakan warga asal Kabupaten Bogor, Jawa Barat tersebut tak bisa ditemukan karena upaya pengurasan genangan air tak juga membuahkan hasil.

Sejumlah peralatan sebagian besar adalah mesin dan selang penyedot diangkut keluar lokasi tambang. Mesin-mesin ini selama tujuh hari digunakan untuk menyedot genangan air yang menjebak para pekerja di kedalaman sekktar 60 meter.

Tim SAR gabungan, Pemkab Banyumas dan TNI-Polriakhirya menyatakan resmi menghentikan proses evakuasi para pekerja. Ini setelah melalui evaluasi dan pertimbangan perkembangan kondisi dari berbagai pihak.

"Keputusan penghentian bukan pertimbangan saya sendiri, namun sudah dikoornasikan degan semua potensi SAR dan stakeholder yang ada di Banyumas ini." kata Kepala Kantor SAR Cilacap, Adah Sudarsa.

"Jadi sesuai SOP Basarnas, apabila tanda-tanda korban tidak ditemukan, atau sudah tidak efisien lagi dalam pelaksanaan nya,operasi SAR bisa ditutup. Kalau nanti di suatu ketika, ada hal-hal di luar perkiraan kita, atau yang lainnya, operasi bisa dibuka kembali." lanjutnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:22
02:38
02:46
02:43
01:38
03:09
Viral