Lokasi tambang emas ilegal di Desa Pancurendang, Kecamatan Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah..
Sumber :
  • Tim tvOne - Falingga Galang

Insiden 8 Penambang Emas Terkubur, Kementerian ESDM Lakukan Asesmen Potensi Tambang di Banyumas

Rabu, 2 Agustus 2023 - 10:34 WIB

Banyumas, tvOnenews.com - Tragedi 8 penambang emas ilegal yang terperangkap dalam lubang galian di Desa Pancurendang, Kecamatan Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah menjadi pelajaran mahal yang harus ditindak lanjuti.

Setelah hari ketujuh upaya pencarian dan evakuasi 8 pekerja tambang emas ilegal tidak membuahkan hasil, Tim SAR gabungan akhirnya memutuskan penghentian proses SAR, pada Selasa (1/8/2023) kemarin.

Usai insiden tersebut, saat ini pihak Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan melakukan asesmen terhadap potensi tambang emas di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Melalui Direktur Pembinaan Program Mineral dan Batubara (Minerba) Direktorat Jenderal Minerba Kementerian ESDM Sunindyo Suryo Herdadi, Kementerian ESDM menyampaikan keprihatinan atas peristiwa terjebaknya 8 penambang di dalam sumur tambang tersebut.

Tim SAR gabungan berupaya menyedot air yang menggenangi lubang tambang, Rabu (26/7/2023).

"Untuk selanjutnya, tentunya momentum ini kita jadikan kesadaran bersama tentang pentingnya faktor penataan atau tata kelola pertambangan yang baik," kata Sunindyo, saat memberi keterangan pers usai apel penutupan operasi SAR di lokasi, Selasa (1/8/2023).

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral