Ratusan warga turun ke sungai saat pintu air Wadaslintang ditutup, Rabu (2/8/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Wahyu Kurniawan

Bendungan Wadaslintang Ditutup, Ratusan Warga Kebumen Turun ke Sungai Berebut Ikan

Rabu, 2 Agustus 2023 - 10:59 WIB

Kebumen, tvOnenews.com - Ratusan warga memenuhi Sungai Bedegolan menikmati Festival Kalisat yang berlangsung di Desa Sendangdalem, Kecamatan Padureso, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Selasa (1/8/2023).

Festival Kalisat diperingati setiap tahun sekali, memanfaatkan sungai yang surut saat ditutupnya pintu air Waduk Wadaslintang. Di moment itu, ratusan warga sekitar turun ke sungai untuk menangkap ikan.

Ketua Panitia Festival Kalisat 2023, Yuli Imam Susanto kepada wartawan usai acara mengatakan kegiatan ini awalnya hanya merupakan sebuah acara tangkap ikan yang saat Sungai Bedegolan surut. Digelar oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) desa setempat.

"Kegiatan tangkap ikan ini kemudian jadi agenda rutin tiap tahun yang digelar desa, sebagai wujud cinta terhadap lingkungan untuk melestarikan habitat yang ada di sungai," jelasnya.

Yuli yang juga menjabat sebagai Kepala Desa Sendangdalem menjelaskan, kegiatan tangkap ikan ini oleh Pokdarwis kemudian dikemas dengan adanya stand pameran dari para pelaku UMKM. Suasana pun menjadi sangat meriah dan mampu menjadi desitinasi wisata desa yang menarik.

"Kedepan kegiatan ini akan di konsep lebih bagus lagi untuk bisa dikembangkan menjadi ragam budaya juga sebagai wisata festival tahunan," tandasnya. 

Yuli juga berharap kegiatan ini mampu menambah daya tarik masyarakat untuk berwisata ke Desa Sendangdalem yang sedang mempromosikan ekowisata desa. Saat ini yang terkenal adalah wisata Tubing Sendangdalem. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:33
02:15
05:26
01:05
02:10
02:17
Viral