Rektor UIN Surakarta, Mudhofir..
Sumber :
  • Tim tvOne - Effendi Rois

Soal Registrasi Pinjol untuk Maba, Rektor UIN Surakarta Panggil Dema untuk Batalkan Kerjasama

Selasa, 8 Agustus 2023 - 09:37 WIB

Solo, tvOnenews.com - Rektor UIN Surakarta, Mudhofir mengambil tindakan tegas usai mendapatkan banyak keluhan dari mahasiswa baru (Maba) soal registrasi aplikasi pinjaman online (pinjol). 

Ditemui di Gedung Rektorat UIN, Mudhofir mengaku telah melakukan pemanggilan permintaan klarifikasi terhadap Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) yang melakukan secara sepihak sponsorship dengan yang diduga terindikasi pinjol. 

"Dema sudah melakukan klarifikasi, bahwa tujuan mereka adalah untuk literasi fintek, finansial teknologi," ujarnya ditemui Senin (7/8/2023). 

Mudhofir kemudian menjelaskan bahwa pinjol tersebut bukan sebagai sponsor untuk kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2023.

Dikarenakan pelaksanaan PBAK 2023 sudah diatur dalam peraturan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 4962 Tahun 2016. Sehingga kegiatan tersebut sudah dianggarkan dan dibiayai oleh kampus. 

"Itu untuk kegiatan festival budaya yang dilakukan dema. Jadi tidak ada kaitannya dengan PBAK itu diluar jadwal. Dema melangkah sendiri dalam melakukan penggalangan dana sponsorship. Tidak melaporkan terlebih dahulu pada pimpinan universitas," katanya. 

Dema saat ini telah mendapat teguran dan diminta untuk membatalkan kerjasama dengan pihak-pihak yang berpotensi merugikan lembaga dan mahasiswa dalam waktu 1 x 24 jam. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:16
01:49
01:39
01:26
01:14
01:21
Viral