Keseruan para guru ikuti lomba Gobak Sodor dengan pakaian adat, Rabu (9/8/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Sambut HUT RI ke 78, Guru di Kab. Semarang Gelar Lomba Permainan Tradisional dengan Pakaian Adat

Rabu, 9 Agustus 2023 - 16:47 WIB

Semarang, tvOnenews.com - Dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke 78, ratusan Guru di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, mengikuti aneka lomba permainan tradisional yang digelar dengan mengenakan pakaian adat.

Salah satu permaianan tradisonal yang digelar di halaman SD Negeri 03 Suruh adalah permainan tradisional gobak sodor.

Gobak sodor merupakan permaianan tradisional yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta, yang dimainkan secara kelompok.

Permainan gobak sodor merupakan permainan menghalangi lawan untuk mencapai garis akhir. Permainan ini dimainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari tiga orang.

epala Korwilcam Bidang Pendidikan Kecamatan Suruh, Heri Suwarto mengatakan, lomba ini untuk menggugah para guru SD di kecamatan Suruh agar kembali ingat permainan tradisional yang salah satunya gobak sodor. 

“ Yang berbeda dari biasanya, permainan kali ini sengaja digelar dengan menggunakan pakaian tradisional. Harapannya semakin menumbuhkan semangat patriotisme,"ujar Heri, Rabu (9/8/2023).

Ditambahkan Heri, panitia lomba HUT Kemerdekaan RI ke 78 sengaja mengangkat budaya Jawa dalam lomba kali ini, sekaligus untuk nguri nguri kebudayaan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral