Warga memperlihatkan minuman kopi susu yang membeku akibat suhu dingin di Dieng, Senin (14/8/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Ronaldo Bramantyo

Fenomena Embun Beku di Dieng Banjarnegara, Kopi Susu Panas Berubah Jadi Es Krim

Selasa, 15 Agustus 2023 - 10:34 WIB

Banjarnegara, tvOnenews.com - Fenomena embun es atau embun beku di Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah terus mengalami peningkatan. 

Untuk membuktikan suhu dingin ekstrim, beberapa wisatawan melakukan eksperimen dengan meletakan minuman kopi susu diarea terbuka.

Beberapa saat kemudian minuman berubah menjadi es krim secara alami, hal tersebut diakibatkan oleh suhu dingin ekstrim di kawasan Dataran Tinggi Dieng minus hingga 5 derajat celcius.

“Tadi eksperimen naruh kopi susu di lapangan Dieng, sekarang jadi es krim, tetap enak rasanya memang tidak sampai membeku dan keras mungkin karena kandungan gulanya,” ujar salah satu wisatawan lokal asal Banjarnegara, Azis, saat ditemui di lokasi lapangan Pandawa Komplek Candi Arjuna, Dieng, Selasa (15/08/23).

Ia juga mengungkapkan, selain menaruh minuman kopi susu yang berubah menjadi es krim ia juga menaruh air putih didalam strerofoam sejak pukul 02.00 WIB dini hari dan kini telah membeku menjadi es.

“Eksperimen ini buat membuktikan, kalau suhu dingin di Dieng ini benar-benar ekstrim. Saya taruh sekitar jam 02.00 WIB dan tadi suhunya saya lihat 2 sampai 5 derajat selsius,” ungkapnya.

Selain minuman kopi susu dan air yang membeku, rerumputan yang ada di kawasan tersebut juga tampak putih diselimuti embun beku.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral