Upacara HUT ke-78 RI di sungai Juwana Pati yang digelar oleh Jampisawan, Kamis (17/8/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Warga Gelar Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-78 di Sungai Juwana Pati

Kamis, 17 Agustus 2023 - 22:38 WIB

Pati, tvOnenews.com – Puluhan warga di sekitar Sungai Juwana di Desa Gadingrejo, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, menggelar upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78. Upacara ini diinisiasi oleh komunitas Jampisawan yang punya kepedulian pada sungai Juwana.

Upacara HUT Kemerdekaan RI tersebut diinisiasi oleh sebuah komunitas yang peduli dengan sungai juwana yaitu Jampisawan (Jaringan Masyarakat Peduli Sungai Juwana).

Upacara di Sungai Juwana itu melibatkan sejumlah pihak. Diantaranya siswa siswi Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda dan Karang Taruna Desa Tondomulyo, Kecamatan Jakenan, Perangkat Desa Gadingrejo dan Kelompok Nelayan Silugonggo Desa Bumirejo Kecamatan Juwana. Selain itu juga diikuti mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Kristen (STAK) Wiyata Wacana Pati, perwakilan Gerakan Pemuda Ansor Pucakwangi, dan sejumlah organisasi lainnya.

Upacara diselenggarakan dengan cara yang unik dimana tiang bendera berada ditengah sungai. Para pengibar bendera menuju tiang bendera dengan cara berenang hingga pengibaran bendera.

Sementara paduan suara dan inspektur upacara berada diatas dua perahu berbeda. Sedangkan para peserta upacara dan sejumlah petugas berada dibantaran sungai.

Petugas pengibar bendera, Dulhadi mengungkapkan, kesulitan yang dihadapi petugas pengibar bendera merah putih adalah arus air sungai Juwana yang sangat kencang.

“Kemarin kita latihan dua kali, latihan sekali terus gladi bersih sekali. Yang tersulit sih soal arus, arus atas sih tidak kelihatan tapi yang dibawah seperti mobat mabit air pasang,” kata Dulhadi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral